Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Yang Sudah Punah

Banyak yang nggak tahu kalau jenis-jenis kucing peliharaan nggak cuma, kucing anggora dan kucing persia maupun jenis kucing lainnya yang sedang booming di Indonesia, semisal jenis kucing bengal. Jauh sebelumnya banyak jenis-jenis kucing yang sudah dulu punah dan nggak lagi ada. Berikut dari hasil riset, beberapa jenis kucing yang sudah dinyatakan punah. 

1.Sumxu (Chinese Lop)

Sumxu adalah perdebatan dan bukan legenda sekalipun foto asli dari hewan yang di duga sejenis kucing ini tidak ada, sumxu pertama kali di laporkan pada tahun 1700-an di sekitar peking china dan di bawa keluar daerah China pada tahun 1796. Laporan fisik mengatakan bahwa ciri utama sumxu adalah kuping yang menjuntai seperti kelinci loop, bulu panjang seperti persia berwarna hitam atau kuning. Peryataan bahwa sumxu adalah hewan peliharaan di terangkan oleh seorang penjelajah Jerman, yang menerangkan bahwa sumxu banyak di pelihara dan di beri kalung. Hewan ini tergolong mahal dan hanya di pelihara oleh orang kaya.

Setelah kedatangan orang Jerman pertama ke peking maka datanglah Georges Louis Leclerc, Comte de Buffon seorang naturalis Jerman yang ingin membuktikan keberanan kucing jenis baru sumxu.

In volume 4 of his "Histoire Naturelle" (?1767), Georges Louis Leclerc, Comte de Buffon,In a supplement, Buffon added that there was some doubt as to whether the Sumxu was a cat or some other animal: "I formerly remarked, that, in China, there were cats with pendulous ears. This variety is not found any where else, and perhaps it is an animal of a different species; for travellers, when mentioning an animal called Sumxu, which is entirely domestic, say, that they can compare it to nothing but the cat, with which it has a great resemblance. Its colour is black or yellow, and its hair very bright and glittering. The Chinese put silver collars about the necks of these animals, and render them extremely familiar. As they are not common, they give a high price, both on account of their beauty, and because they destroy rats."

Beberapa literatur menyebutkan bahwa sumxu adalah sejenis macan dahan atau musang, namun ketika Buffon datang ke China ia malah menemukan sumxu berwarna putih mirip dengan kucing persia. Ia juga menyebutkan bahwa sumxu menjadi peliharaan favorite wanita peking kala itu. Buffon juga menyebutkan bahwa bahwa yang ia lihat dan yang penjelajah Jerman lain lihat sebelumnya adalah species yang berbeda.

Namun anehnya ketika awal 1900 sumxu tiba tiba menghilang dari daerah peking, naturalist eropa mencari habis-habisan sumxu di China. Lebih anehnya banyak orang China yang mengenal sumxu namun tidak bisa menemukannya seekorpun?, kucing putih berbulu panjang dan bertelinga loop terakhir di impor dari china pada tahun 1938 itupun tidak bisa di temukan jejaknya. Hingga akhirnya para ahli sepakat untuk menyatakan bahwa sumxu telah punah. 


"Literatur gambar sumxu ketika awal di temukan, Buffon mengatakan bahwa yang pertama kali di temukan bukanlah kucing namun hewan lain"


"Menurut Buffon hewan ini lah yang di lihat oleh penjelajah Jerman sebelum ia ini adalah  (Yellow Throated Marten), bukan seekor kucing seperti yang di ceritakan"


"Ini adalah sumxu yang ditemukan buffon, biasa di pelihara wanita peking. Telinga menjuntainya menandakan bahwa sumxu memiliki pendengaran buruk dan tidak baik berburu tikus, dengan kata lain ia terbiasa di pelihara orang"


"Dugaan lain sumxu adalah seekor Scottish Fold, namun telinga sumxu menjuntai seperti kelinci loop bukan melipat seperti Scottish Fold. Lagi pula sumxu domestik karena hanya terdapat di peking saja"

Sumxu adalah contoh salah persepsi yang di ciptakan oleh orang barat ketika pertama kali melihat hewan yang tidak di ketahui, penemuan Buffon terhadap kucing sumxu menjadi titik terang bahwa jenis kucing peking ini pernah ada. Walaupun banyak kejanggalan mengapa sumxu tiba tiba punah dan sulit di temui?, adapun dugaan seperti halnya kucing persia yang sulit untuk di kembang biakan.

2. Oregon Rex

Oregon rex adalah salah satu jenis dari kucing rex dan terjadi akibat mutasi alamiah, secara fisik oregon rex tidak jauh berbeda dengan kucing rex lainnya. Masalahnya Oregon rex yang pertama kali di temukan pada tahun 1940-an ini hanya ada satu per sejuta kucing lainnya di Oregon, dan di kategorikan sebagai jenis rex lain. Untuk memperbanyak dan memantapkan jenis ini maka Oregon rex di silangkan dengan cornish rex menurut literatur Oregon rex memiliki bulu kawat yang jauh lebih pendek dari pada cornis, devon dan german rex. sayangnya jenis Oregon sulit di tangani mereka cenderung keras kepala, literatur juga menyebutkan bahwa Oregon rex berkaki jenjang dengan  cakar kecil berbeda dengan rex lainnya yang umumnya berkaki pendek seperti persia


"Oregon rex adalah jenis yang berbeda dari rex lainnya berdasarkan genetis dan fisik, salah satu penyebab punahnya Oregon rex adalah sulitnya mendapatkan anakan Oregon rex, perkawinan dengan cornish rex hanya menghasilkan anak cornis rex sedang yang lainnya malah berbulu lurus"

Kucing Oregon rex sempat populer pada tahun 60-70, hingga paga tahun 1975 Oregon rex terakhir diketahui mati. Semenjak itu Oregon rex dinyatakan punah dalam sebagian literatur Oregon rex ditulis not breed.



3.Masked Silver cat

Ini adalah jenis yang menjadi perdebatan banyak literature yang menyebutkan bahwa masked silver cat merujuk pada kucing siamse, namun banyak juga yang menyebutkan bahwa kemunculan masked silver cat adalah  kucing chincilia silver yang gagal. Namun dalam kategori cat breed masked silver cat terdaftar dan dikategorikan punah, tidak jelas bagaimana menentukan masked silver tapi ada satu literatur yang menyebutkan bahwa masked silver adalah jenis berbeda.

According to Milo Denlinger in 1947, "Masked silvers are a new variety and very few are bred." Denlinger went on to describe the variety: "The ideal masked silver is a very beautiful animal; in colouring or, I should say, marking, they should resemble the Siamese Cat; that is to say, they should have a black mask, or face, black feet, and legs. The body should be as pale a silver as posible." The eyes were to be deep golden or copper. Several authors have observed that the description of the masked silver resembles that of the Siamese.

Lord Sylvester
a Masked Silver Persian
Born July 5, 1899


"Beberapa literatur menyebutkan bahwa masked silver adalah warna awal dari silver chinchilia sekarang, namun ada juga yang menyebutkan masked silver adalah chincilia yang gagal. entah mana yang benar" 





Masked silver cat yang asli tidak berasal dari burmese cat maupun himalayan dan siamese walaupun bentuk mereka sama, masked silver cat hanya diakui jika berasal dari ras chincilia murni. Di mana sekarang semua chincilia hanya berwarna silver, tabby dan golden, menurut literature chincilia sealpoint bukanlah masked silver. Ini adalah alasan mengapa masked silver cat di kategorikan punah.



4. Mexican Hairless cat

Mexican Hairless cat adalah penampakan kucing pertama di dunia yang tanpa bulu, menurut literature Mexican Hairless cat pertama kali didapatkan oleh pasangan dari new mexico (negara bagian america yang dekat dengan mexico) dari suku indian pueblo, indian ini mengatakan jika sepasang kucing tanpa bulu ini adalah satu-satunya yang selamat dari peradaban suku aztec. Sayang kucing pejantannya mati sedang yang betina dibawa ke eropa. Selain itu penampakan Mexican Hairless cat juga di sebutkan oleh Katharine L Simms wrote in They Walked Beside Me in 1954 about a peculiar hairless cat that lived in Mexico this was the Mexican Hairless. 

Perlu diketahui Mexican Hairless cat bukanlah kucing sphynx yang diciptakan tanpa bulu, Mexican Hairless cat adalah kucing endemik amerika latin, jauh sebelumnya dalam literature sejarah banyak di katakan kucing tanpa bulu di Paraguay sekitar tahun 1830an. Mexican Hairless cat menghilang secara tiba-tiba dari dunia, jejak terahir kucing betina yang dibawa ke eropa tidak bisa di lacak, sedang Mexican Hairless cat di mexico dan paraguay menghilang sama sekali.

Sphynx sendiri baru muncul pada tahun 1960'an dan kala itu di kenal dengan nama canadian hairless cat, namun yang mengejutkan adalah munculnya sepasang kucing tanpa bulu di perancis pada tahun 1930an. tapi tidak bisa di confirm apakah kucing ini keturunan dari mexican hairless cat atau bukan, karena tidak bertahan lama sekitar 1931 kedua kucing ini mati.




"mexican hairless cat di duga adalah ras endemik amerika latin, kucing tanpa bulu karena mutasi biasanya tidak akan hidup lama. Selain itu mexican hairless cat adalah hasil alam tidak seperti sphnyx"   
"keberadaan mexico hairless cat sebagai ras murni amerika latin, di perkuat dengan ada mexico hairless dog (Xoloitzcuintli). Tidak di ketahui faktor apa yang membuat anjing dan kucing di wilayah amerika latin ini tidak berbulu." 

source: google, wiki and http://www.messybeast.com

1 comment: