Pameran Celengan Nusantara, Simpan Satu Rupiah

Iseng-iseng lewat bentara budaya di Jakarta selatan, ternyata sedang ada pameran celengan. yup pameran celengan guys, celengan ini banyak berasal dari seluruh Indonesia. Walaupun di pamerannya ada beberapa yang dari asia, udah gituh kita bisa beli celengan lucu dengan harga murah loh.
Nah seperti yang udah gua bilang kalau pameran celengan ini, memamerkan beragam celengan dari seluruh penjuru nusantara. Contoh celengan bentuk babi ini, umurnya udah ratusan bahkan berasal dari jaman kerajaan.

Celengan sapi ini berasal dari masa kerajaan hindu, entah buat pemujaan atau emang cuma buat celengan.

Kumpulan celengan babi yang berasal dari berbagai rentang tahun, mulai dari tahun 1800-sampai 1900, bisa diliat kalau celengan babi erat banget sama budaya etnis thionghoa.

Favorite gua celengan kucing dari semua Indonesia, sayang banget ngga dijual.

Bentuk orang pun sudah ada dari jaman dahulu loh

Kalau bentuk naga ini udah pasti berasal dari jawa, cuma tahunnya gua ngga tahu.


Selain celengan yang umurnya udah ratusan tahun, kamu juga bisa liat beberapa celengan unik yang di buat oleh seniman. Kaya di atas ini, celengan yang juga buat nyindir pemerintah yang doyan makan duit rakyat.

Ini adalah celengan yang berasal dari awal tahun 1940-an.

Bosen cuma liat-liat aja? pengen punya tenang di pameran celengan ini ada display celengan yang bisa kita beli, harganya murah loh. Mulai dari yang kecil 15ribu sedang 35ribu, medium 70ribu sampai yang gede gaban 100ribu.



Benerkan lucu-lucu dari monyet sampai zebra ada harganya tergantung ukuran
Walaupun mayoritas bentuknya binatang, ada juga yang bentuk buah-buahan


Ini adalah celengan yang udah di pesen, dibungkus rapi biar gampang di bawa dan ngga pecah selama di jalan.


Reject bukan berarti di tolak loh, celengan yang berlabel reject ini haraganya 50% lebih murah. Ko bisa?karena celengan reject adalah celengan yang sudah di perbaiki, karena punya cacat kecil. Misalkan bocel atau pun di cat ulang. Tapi ngga usah kuatir karena ngga keliatan.

Selama perjalanan dari jawa tengah sampai Jakarta, ada beberapa yang ngga selamat. Sayang banget emang celengan tanah ini rentan pecah jadi kalau kalian beli, disarankan jangan di taruh sembarangan dalam mobil dan jalannya ngga usah ngebut.

  Teman baru di meja kerja

Setelah keliling dan pikir-pikir akhirnya gua menjatuhkan pilihan sama celengan monyet, harganya 35 ribu saja. Lucu buat di atas meja kerja itung-itung pelepas stress.

 
Untuk setiap pembelian kita bisa dapet bonus, yakni maenan tradisonal. Bisa pilih burung yang bisa di tiup atau kodok yang diputer-puter ngeluarin bunyi. Kapan lagi orang kota bisa nemu yang seperti ini.

Sayang banget kalau di lewatin, pameran celengan ini cuma sampai sabtu 26 maret  2011 aja. Kata temen gua sih semua celengan yang ada merupakan koleksi Museum Anak Kolong Tangga Yogyakarta, dan penjualan celengan ini sebagai penggalangan dana. Jadi guys mari kita sumbang untuk museum dan bawa pulang celengan lucu, bentara budaya ada di palmerah selatan tepat di depan gedung kompas.

No comments:

Post a Comment