Kejuaraan Dunia Pencak Silat..(Bule Emang Bikin Keren!)

Udah tiga hari ini gua ngeliput kejuaraan silat dunia di taman mini, sebenernya sih bukan liputan tapi lebih ke stockshoot aja. Gua ngga pernah tau kalau ada kejuaraan pencak silat dunia apa lagi sekarang pas musimnya bola kaya sekarang, makin mendem aja kejuaraan dunia pencak silat ini.




opening ceremony sih ngga megah-megah amat, bolehlah di bilang lumayan ada atraksi silat cerita riau. Terus ada twilitte orcestra, sama orang-orang penting macam Prabowo sementara untuk hostnya di pegang sama pembawa berita metro Tommy cokro sama satu lagi perempuan gua lupa namanya siapa. Apa hubungannya antara ketua pencak silat Indonesia dengan metro tv ya?

Ada dua arena hal ini untuk mempercepat kejuaraan dunia pencak silat, hasilnya sih konsentrasi penonton pecah karena ngga bisa fokus di satu arena, buat jurinya ada di sekeliling arena. Mereka di kasih panel elektronik buat kasih nilai, hasilnya bisa diliat di layar putih belakang arena. Juri pencak silat ini ada sekitar 20an orang dari berbagai negara.



sapa bilang nonton pencak silat ngga rame, liat tuh penontonnya ampe bejibun bule lagi. Makanya sayang banget kalau orang indonesianya justru ngga antusias malah bule yang semangat banget buat nonton silat.



Nah ini adalah salah satu atlet dari pencak silat south africa, sumpah gua ngga sangka kalau silat bisa sampe africa sayang banget gua ngga tanya siapa yang ngelatih mereka sampai tuh orang benua hitam bisa silat dari Indonesia.


Neh pelatih negera tetangga Malaysia, tadinya gua pikir Malay lawan terberat loh. Secara merekakan negara serumpun jadi punya silat juga. Tapi lawan terberat justru bukan dari Malay, malah datang dari negara yang jauh banget yakni Vietnam, sumpah atlet-atlet vietnam itu kaya lawan dari neraka baik tunggal putera dan puteri ampe ke seni silatnya jago mampus vietnam.


Team Vietnam lagi kasih dukungan ama atlet tunggal putera mereka, Vietnam adalah lawan Indonesia paling kuat. Udah gituh maennya orang-orang bilang kasar abis, bahkan satu atlet Indonesia langsung pingsan abis tanding ama Vietnam.



Netherland adalah negara yang bawa supporter paling banyak, semuanya pake baju warna orange. Tapi ngga sia sia mereka bedol desa, satu atlet tunggal puteri mereka Maria Schaucer dapet perak. Semua sekolah di Belanda punya hari sport, dimana semua sport ditampilin di sekolah dari sinilah Maria tau pencak silat. Bahkan di Belanda ada kejuaraan silat sendiri loh, yang menang akan di kirim langsung ke Indonesia.


Yang di poto ini adalag driver gua sama atlet seni silat dari spain namanya susah tapi kalau ngga salah sih Laurie, banyak banget atlet bule di kejuaraan dunia pencak silat dan personally bikin minder gua. Kenapa?masa bule aja ampe latihan bertahun-tahun terus gua yang orang Indonesia malah ngga tertarik belajar silat. Atlet spain ini bilang kalau tiket ke Indonesia itu mahal banget dan mereka ngga di sponsorin ama siapaun loh, gila ngga ampe segitunya ama pencak silat.


Ini waktu penutupan dan pemberian medali, yeah Malaysia yang menang tapi buat keseluruhan tetep ko Indonesia juara umumnya




Satu hal yang gua ambil pas liputan adalah, pencak silat bukanlah sesuatu yang kampring, dulu gua selalu beranggapan kalau bela diri import kaya karate atau taekwondo jauh lebih keren dan bergengsi. Tapi pas liat bule-bule dari Perancis, Uzbekistan, German, Spanyol maen silat gua jadi nyesel kenapa ngga dari dulu gua sadar pencak itu keren banget. 

Emang seharusnya pemerintah juga melakukan marketing yang bagus, justru gua heran kenapa pas di pake sama bule silat justru malah keliatan keren. Mungkin memang marketing kebudayaan itu harus pake orang-orang yang mukenya bagus biar semua anak muda mau ikut melestarikan.



Ok ada kejadian lucu pas ngedit hasil liputan gua nemu satu orang yang mirip Iko Uwais, langsung aja gua cari ini orang soalnya mau gua cast buat presenter. Tapi setelah producer gua membandingkan dengan foto-foto Iko Uwais, ternyata yang tertangkap camera itu emang si Iko!!! Halah abis pas liputan orang-orang pada biasa aja liat Iko Uwais nggak ada yang minta poto dan tanda tangan, udah gituh ternyata Iko kaga tinggi ya he..he padahal di merantau dia keliatannya tinggi banget. So pantes aja gua nggak ngeh kalau itu Iko Uwais tau gituh gua todong aja langsung dia..huh

4 comments:

  1. Thanks for your article. I am interested with one of your picture which is our Pencak Silat National Team of South Africa.

    Pencak Silat just entered SA about one year ago. And the first National Championship was held about 3 months ago. So it is very fast time to prepare for it.

    The one in your picture is Iman Amina Vancamelbeke. She is 14 years old.

    Anyway, our school of Pencak Silat is Al Azhar. If you go to Masjid AlAzhar you will find the school.

    For further info of Pencak Silat in SA, you can open nvpermai.com and enter the martial arts part.

    Enjoy Pencak Silat,


    rifiantara

    ReplyDelete
  2. @ Ardya Rifiantara: thanks for your information bout the south african team, i hope they can win next year

    ReplyDelete
  3. sayang banget..
    banyak orang indonesia justru malah tertarik sama bela diri impor..
    padahal di usa orang2 bule menghargai banget pencak silat macam merpati putih..
    bahkan mereka sampai cinta mati sama merpati putih..
    karena di mp banyak banget yang bisa didapat, ngga cuman bela diri aja..
    orang2 indonesia dihargai bagai dewa kalo urusan pencak silat ama orang usa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, begitulah kalau kita nggak pinter menjual budaya sendiri seperti bangsa Jepang dan Kore

      Delete