Review Samsung B-3310 Stylish nan ribet

Look stylist @ office
walah niat beli Philip Xenium soalnya gua butuh HP yang batereinya tahan lama tapi tiba-tiba malah berubah, entah kenapa gua kecantol sama HP imut yang sering banget gua liat di mana-mana. Personally gua nggak suffering buying i love it tapi gua banyak nggak ngerti nih HP, so guys ini review stylish but complicated samsung B-3310.


cute tapi membingungkan mau tahu apa yang bikin bingung?



Samsung B 3310 ini sumpah kecil banget so bakalan jadi masalah besar buat lo yang punya tanggan gede, apalagi keypadnya Qwertynya di padatin. Jarak keypadnya rapet abis i think chicks finger should fit in. Kalo gua taro di tas atau di kantong dia tenggelem, pokoknya super compact nggak gede nggak tebel.


Bagian belakangnya terdapat self picture, camera 2 megapixel hasilnya lumayanlah tapi nggak punya flash cuma night mode so suck at night. tepat di pinggir camera ada slot speaker keluaran suaranya lumayan walaupun nggak stereo


Bagian atas ada slot charger and usb sama tombol shot camera



cuma ada satu slot di samsung ini yakni slot charger yang gabung sama slot usb, sementara untuk micro sd mau nggak mau kudu buka batereinya nggak hot swap.


keanehan samsung B-3310 ini adalah memori terpisah jadi samsung ini nggak bisa baca micro sdnya, kalau mau jadiin mp3 buat ringtone mau nggak ya kita kudu ngopy mp3nya ke dalam memori telpon. Untungnya memori internal lumayan 40 MB, ini juga berlaku buat poto dan video, so kalau kita moto dan record otomatis masuk ke memori telpon. Nggak ada setingan langsung save ke micro sd, semuanya harus di copy paste cuape dah!


Stylish tapi bodynya full dari plastik licin dan gampang lepas dari genggaman.


Nah coba perhatiin keyboardnya bukan Qwerty karena ukuran kecil banget, banyak huruf yang di pangkas ke bawah dan disatuin dengan simbol lain. Rapet banget warning nggak cocok buat yang tangannya gede
    
Apa yang bisa di dapet dengan harga 900rebu? cuma kardus, headset sama charger kartu memori aja nggak dikasih gratis sama samsung gua kudu beli sendiri jadi satu juta plus micro sd, udah gituh kabel USB juga nggak di kasih padahal samsung B-3310 nggak bisa baca micro sdnya. PC suitenya pun kita kudu download nggak ada cd drivernya.



Keunggulan samsung B-3310 terletak pada designnya yang catchy, compact dan sylish serta layar khas samsung yang nggak usah di ragukan, kalau yang lainnya sih gua bilang standar 3G dan HSDP belon ada sekalipun neh HP di gadang dengan simbol compact community. Bahkan launcher FB sampai myspace n friendster ampe di jadiin satu aplikasi communities.


Satu hal yang bikin gua kaget adalah sistemnya gua membluetooth semua contac dari nokia jadul gua ke samsung ini dan semuanya langsung rapi ke simpen di contac, bahkan bluetooth ringtone, wallpaper dan foto otomatis langsung masuk ke folder masing-masing nggak perlu buka di message terus save as. 


Sekalipun punya banyak kekurang tapi gua nggak nyesel belinya mungkin gara-gara modelnya yang megang banget di tempat umum, seperti halnya gue terpesona oleh orang-orang yang pake di kantor di kereta hingga akhirnya ikutan beli..ha..ha..ha hello cuma 900 gituh kalau jago nawar bisa dah dapet 800an.

Buzz News :
Samsung B3310 ini batereinya 800 li-on kalau kita maenin semua fitur B3310 bakalan panas dan cuma bertahan selama dua hari saja, ini mungkin gara-gara gue pake XL yang sinyalnya rada ribet kalau pake yang sinyalnya kenceng kaya telkom mungkin bisa lebih dari dua hari dan kalau kita pake fitur radio, mp3 plus facebookan,paling banter sehari aja dengan sisa dua bar baterei 
Gua juga kesulitan buat tambah aplikasi java, themes karena gua nokia minded tiba-tiba ganti samsung sumpah bingung dah sampai akhirnya gua tahu kalau kita mau instal java harus di taruh di memori phone dan resolusi aplikasi itu harus sama dengan resolusi layar B3310   240 x 320 pixels, kalau nggak bakalan nggak bisa di instal dah. 


Kekurangan

1. Samsung ini nggak bisa langsung menditeksi kartu memori, jadi kalau mau menset wallpaper dari jepretan photo atau menset mp3 buat ringtone kita kudu copy filenya dari memory card ke memory HP
2. Keypad Qwertynya rapet dan kecil nggak cocok buat jari besar.
3. Nggak ada flash buat kamera sekalipun ada night mode kurang banget buat photo malam
4. Sekalipun bisa ringtone MP3 tapi durasinya cuma 15 detik! so klo ringtone lo sekitar 1 menit yang keputer ya cuma 15 detik pastiin ringtone lo keras, btw getarnya juga cuma selama 15 detik aja loh buat sms entah kenapa???
5. Bahkan waktu gua download PC suite di samsungmobile.com product B3310 sama sekali nggak ada di daftar produk.
6. Samsung B3310 ini nggak punya accelometer jadi klo lo maen game ngga akan bisa maksimal karena keypad dalam posisi tutup ada di pinggir semua, sementara kalau mo enak ya geser slidingnya masalahnya posisi game nggak ikut berubah tetep vertikal nah loh.
7. Satu lagi yang gua bingung adalah GPRSnya. Gua pake XL, samsung ini nggak mau connect ke internet. But anehnya bisa buat MMS. Gua juga coba pake kartu lain semisal Three dan Telkomsel, ternyata lancar dan bisa surfing ke FB serta google jadi apa yang salahnya?

Emang nggak ada kabel USB di paket penjualan tapi anda bisa akali dengan menggunakan kabel USB nokia, karena port USB samsung ternyata sama dengan port usb nokia. Kalau nggak punya tinggal beli kabel USB abal-abal paling banter 20 rebu.

28 comments:

  1. sory, cuma mau nambahin..!
    setingan data langsung masuk ke mcro SD bisa kok,,,
    mausk ke setingan memory, terus default memory, jadiin deh smua ke mcro sd

    ReplyDelete
  2. tetep aja kalau kita mau jadiin gambar buat wallpaper atau MP3 buat ringtone kudu di pindahin ke memori telepon, soalnya B3310 nggak bisa baca langsung dari memori cardnya begono.

    ReplyDelete
  3. ko tmpt pcr q batere na boros y??? cman buat smsan seharian habis.... max 24 jam udah ngisi lagi... padahal baru, wajar ga kalo 24 jam habis???

    ReplyDelete
  4. Nggak normal B3310 itu kalau kita pakai buat MP3 dan radio memang bisa habis dalam seharian, tapi kalau cuma buat sms aja cuma 24 jam emang ada yang salah.

    1. Kemungkinan waktu pertama beli nggak di matiin dan di charge selama empat jam lebih, kan hp baru memang harusnya begitu.

    2. Bisa jadi batereinya bocor mau nggak mau ya kudu ganti dah

    ReplyDelete
  5. setting gprs telkomsel kok sulit bgt ya...gmn caranya tau klo gprs udah aktif?
    padahal klo diliat di network settingnya udah bener semua..

    ReplyDelete
  6. @riris: setingan itu otomatis loh kalau kita masukin simcard, kalau nggak bisa masuk ke menu seting pilih setup wizard dah otomatis.

    Tanda GPRS aktif adalah lo liat di pinggir indikator sinyal, ada lambang huruf E dalam kotak berwarna biru. Artinya EDGE aktif

    ReplyDelete
  7. Trus PC suite bwt HP ini nyarinya dmn y? nama aplikasinya apa? Thanks :-)

    ReplyDelete
  8. @ ciyu: nama programnya New PC Studio lo kudu donlot langsung dari samsung.com ok

    ReplyDelete
  9. pake sim indosat kok ada huruf e kecil di atas itu artinya ap ya????

    ReplyDelete
  10. pake sim indosat kok ad huruf e kecil di atas tu ap ya???

    ReplyDelete
  11. @bayu69 :

    huruf E itu adalah singkatan dari edge, artinya kamu lagi ada di jaringan edge. Jaringan edge adalah canal yang lebih cepet dari pada gprs biasa dan kebetulan jaringan edge indosat termasuk bagus. Makanya huruf E muncul terus.

    ReplyDelete
  12. pake telkomsel as kok ga bisa wat telpon yaw,,,?

    ReplyDelete
  13. pake sim card telkomsel koq ga bisa dipake telpon yaw...?

    ReplyDelete
  14. @ simcard telkomsel: bisa ko coba kamu masuk ke option terus ke network setting, nah di situ kan ada optionnya kamu pindahin semua ke automatic

    ReplyDelete
  15. q liat dsettingan otomatis tp ttp aj ga bs...

    ReplyDelete
  16. hpna ga bisa gan theme buatan ndiri...

    ReplyDelete
  17. @ simcard telkomsel: kalau gituh coba pake kartu laen kamu liat di setingan apa yang berubah pas pake telkomsel.

    @ theme: B3310 sama sekali ngga bisa buat theme atupun donlot theme, udah bawaan dari pabrik jadi harus puas sama 3 theme yanga da

    ReplyDelete
  18. ga da yg berubah....
    settingan telkomsel n simcard laen sama persis.....
    setingna awal jg otomatis....

    tiap kali dpake telpon muncul "no credit"...

    ReplyDelete
  19. nasib dech....
    udah stylish masi bnyak minusnya...
    kbel datanya harga brp-an yaw...?

    ReplyDelete
  20. apa beda samsung gt b3310 dgnn gt b3313?

    ReplyDelete
  21. @ Samsung 3313: ngga ada bedanya, samsung 3310 adalah nama untuk eropa, amerika dan asia selatan kalau samsung 3313 nama untuk india, pakistan

    @ kabel data: gua saranin beli kabel buat data buat nokia tipe CA-1010 originalnya 80ribu palsunya 30ribu jangan beli yang samsung soalnya pasti mahal banget

    @ Telokomsel: kalau begitu pasti ada yang salah sama simcard kamu kalau operator laen bisa tapi t-sel kaga,kemungkinan lain B3310 kamu di lock, soalnya blackmarket dari negara laen.(lo beli murah!!!)

    ReplyDelete
  22. kbel dta samsung tu brpan?
    trus hrs instal d pc ga?

    ReplyDelete
  23. kbel dta samsung tu brpan?
    trus hrs instal d pc ga?

    ReplyDelete
  24. tsel ga bisa call@ hp hrga 1jt itu black market bkan? pas trun harga.
    gmn donk solusina...?

    ReplyDelete
  25. @ t-sel: ngga itu bukan BM kalau sejuta mah barang baru,liat aja kalau dibalik baterai ada tulisan made in china by samsung ya asli

    @ kabel data: gua saranin beli kabel buat data buat nokia tipe CA-1010 originalnya 80ribu palsunya 30ribu jangan beli yang samsung soalnya pasti mahal banget, dan ya lo kudu instal pcstudionya dulu di komputer lo

    ReplyDelete
  26. mungkin tsel ga support k gt b3310 kalii yaw....
    smua tsel q coba k smua b3310 ga bisa jg....

    ReplyDelete
  27. Styles abis nie... besok liat2 ah.. msh ada yg jual baru nggak ya skrg

    ReplyDelete
  28. Haree ginee mah udah kaga ada yang jual baru, paling banter stock sisa

    ReplyDelete