What Is The Matrix / Apa Itu Dunia The Matrix

What is the matrix? Banyak orang-orang Amrik sono yang ampe sekarang terus aja ke dunia maya mencari makna kata ini. Well, orang-orang Amrik sono tuh, emang rada-rada gimana gituh. Mereka udah nggak bisa membedakan mana realita mana bukan. Buktinya nih, waktu Avatar muncul banyak banget, yang ampe nggak mau bangun dari tidur karena berharap pergi ke dunia Avatar. Hello it just a movie! Tapi the matrix sedikit beda sebab banyak orang di luar sana yang percaya, bahwa selama ini kita hidup di dalam matrix dan bukan dunia nyata. 


Are you ready for the matrix?

Kata the matrix pertama kali mencuat akibat film science fiction terhebat sepanjang masa, garapan Larry and Andy Wachowski. Dengan karakter the one mereka, Neo. Sebenernya kalian ngerti nggak sih apa itu the matrik? Lalu apa yang diperjuangan Neo beserta kawan-kawannya? You know morpheus, zion city and other stuff.

Bahkan sampai seri ketiganya pun, nggak dijelasin asal muasal the matrix. Kita cuma tahu bahwa Neo and others, bertarung melawan mesin. Film ini emang penuh dengan filosofi agama, seperti adegan dimana morpheus menawarkan neo, mau pil biru atau merah? Artinya, kamu mau tahu kebenarannya atau balik ke kehidupan mimpi? You know kerja, istri dsb hal-hal standar membosankan serta menipu bah sampah.

Untuk lebih mengenal apa itu the matrix, warner bros mengeluarkan satu dvd yang judulnya the animatrik. Nah, di sini semuanya diceritain. Ok guys, siap-siap buat awal dunia the matrix.

Tahun 2030an kalau nggak salah ya, dunia dipenuhi oleh robot-robot pelayan yang melakukan tugas manusia. Suatu hari ada satu robot pelayan yang beda dengan yang lainnya, dia punya self aware. Artinya ia sadar bahwa ia hidup, si robot ini pun menolak untuk bekerja. Dia ingin hak yang sama dengan manusia. 

Manusia yang tahu hal ini ketakutan, mereka mencoba menghancurkan si robot. Mau nggak mau si robot kocar-kacir. Ia mencari perlindungan dan mencoba menyadarkan semua robot yang ada di dunia. Sebenarnya si robot ini menawarkan perdamaian, ia cuma mau hidup tenang di suatu tempat, bahkan berkali-kali berunding dengan manusia. Sampai pada satu perundingan terakhir, dimana ia datang bersama robot wanita yang memegang bunga. Ternyata si robot ditipu oleh manusia, dia dihancurkan bersama robot wanitanya, bahkan tempat ia berlindung bersama robot-robot yang lain dibom atom.

Ini dia awal mula the source sebuah robot pekerja yang punya "self aware" kenapa aku ada?


Akhirnya si robot ini kecewa karena udah berkali berunding, tapi di tipu terus oleh manusia. Manusia tidak menginginkan perdamaian, akhirnya mau nggak mau si robot perang dengan manusia. Maka era perang kaum robot dengan manusia di mulai, (ini jamannnya terminator). Perang ini menghabiskan seluruh sumber daya di bumi, serta manusia kalah telak. 

Kaum mesin harus mencari tenaga baru karena sumber daya bumi sudah habis dan you know what? Mereka berhasil menemukan sumber tenaga baru. Apa itu? Yakni sebuah baterei cell yang mampu menopang kehidupan kaum mesin, tidak lain adalah tubuh manusia.

Perundingan terakhir. Manusia merasa jijik dengan robot yang berusaha tampil " hidup "  Mereka dihancurkan dan seterusnya era terminator tiba.

The machine akhirnya memproduksi manusia (bukan cloning) lalu memanfaatkannnya sebagai baterei. Dari semenjak bayi, tubuh manusia sudah bisa menghasilkan tenaga, jika sudah usang atau tua ia kan di recycle. Nah, untuk supaya manusianya diam nggak banyak kasih masalah ketika di serap oleh mesin, otak mereka dihubungkan kepada suatu dunia virtual. Jadi manusia-manusia yang dijadikan baterei ini, mengira kalau merek hidup normal. Lahir , muda, kawin, terus tua dan mati. Padahal sebenarnya mereka nggak pernah hidup.

Ini dia dimana baterei manusia di ciptakan, kemudian otak mereka di sambungkan (pluggin)ke dunia matrix, hingga seolah-olah mereka hidup, padahal tidak.


The Matrix world.
Dalam perkembangan untuk menipu baterai hidup manusia, the machine juga membuat program-program untuk menunjang kelancaran dunia matrix. Seperti program agent smith sebagai anti virus, orang-orang yang mencoba keluar (sadar) akan langsung di basmi, lalu ada The Architect dan anaknya Sati (mereka muncul di film kedua) The Architect adalah program yang dibuat untuk membangun kota-kota virtual dalam the matrix, lalu anaknya Sati adalah program kecil untuk membuat landscape seperti taman atau langit. Karena program kecil Sati tidak terlalu diperlukan, maka dari itu ia akan di delete dari dunia matrix untuk digantikan oleh program baru. Orang tua Sati yakni program The Architect, nggak mau anak mereka (program turunan) didelete, makanya mereka minta bantuan Neo. Sebagai imbalan, The Architect kasih lokasi the source.


Nah, nggak semua program dalam dunia the matrix itu dibuat oleh the source loh! Ingat oracle? Yang selalu membantu Neo. Oracle adalah sisa-sisa program dari jaman dahulu, ketika manusia masih berinternet. Ia sudah ada lebih dulu dari the source, yang baru ada pas tahun 2030an ketika masih jadi robot pelayan. Karena memang diciptakan oleh manusia dan program tertua, makanya oracle membantu manusia. Ini sebabnya dalam film oracle digambarkan dengan wanita negro tua.

The End.
Terus bagaimana ending dari matrix ini? Begini, nggak ada yang menang atau kalah di matrix. Sekalipun Neo berhasil mengalahkan program agent smith, yang kala itu sudah error karena keseringan dihajar Neo, hingga menduplikasi jadi ribuan dan mengancam memori the matrix. Neo pada akhirnya menyerahkan dirinya untuk the matrik, maksudnya ia merubah dirinya menjadi semacam program, yang memastikan bahwa bahwa manusia yang sadar bisa bebas dari dunia the matrik dan manusia yang dendam nggak bisa masuk sembarangan ke dunia matrix.

Singkat kata, Neo merubah dirinya jadi program gate yang kerja mengawsasi dan memastikan keseimbangan dunia matrix. Kalau ada manusia yang sadar, ya dia lepasin kalau nggak terus aja jadi baterei buat dunia mesin. Program Neo juga menjaga keseimbangan, kalau-kalau ada serangan hacker ke dunia mesin dari para manusia, artinya manusia nggak bisa dengan mudah pluggin ke dunia matrix lagi.

Neo and The source

So apakah kalian semua masih berada di dunia the matrix? Hidup hanya fatamorgana, kerja punya istri dan anak. Padahal cuma program khayalan atau kalian sudah mulai sadar bahwa selama ini terperangkap dalam dunia matrix.........?

Take the blue pill or the red pill?, bagaimana pun juga hidup adalah sebuah pilihan.

10 comments:

  1. wow setelah setahun lebih baru ada yang komen, nice thanks dude

    ReplyDelete
  2. TERIMAKASIH INFORMASINYA

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Informasinya. Kami juga memiliki informasi kesehatan dan bisnis yg mungkin berguna bagi Anda.
    4Life mempersembahkan sebuah Produk Inovatif yang telah teruji dan diakui dibanyak Negara Dunia, serta menawarkan Anda sebuah Peluang Bisnis yang cukup terbuka Lebar.. !
    Tanpa Pesaing, Tanpa wajib Stock, dan sangat mudah dijalankan !
    Selengkapnya kunjungi website kami: http://www.4lifesukses.com

    ReplyDelete
  4. operasi matrix matematika ada hubungan sama ini engga gan? jadi penasaran :D , nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh banget gan, kaga ada hubungannya.

      Delete