Resensi Words On The Bathroom Walls

Resensi Words On The Bathroom Walls

Ini adalah buku pertama yang saya baca setelah daftar jadi premium di Gramedia Digital, berhubung belum nonton filmnya jadilah saya meutuskan untuk baca bukunya. Di aplikasi Gramedia Digital Words On The Bathroom Walls cuma 260 halaman, jadi cuma sehari aja langsung beres. Premisnya sendiri amat sangat menarik, berkisah tentang Adam Petrazelli pemuda 16 tahun yang mengidap skizofernia dan harus bergulat supaya bisa tampil normal dalam kehidupannya sehari-hari.

resensi words on the bathroom walls

Sinopsi

Adam Petrazelli ini cowok yang mengidap skizofernia, ia bermasalah di sekolah lamanya sehingga dipindahkan ke sekolah katolik baru. Selain itu, Adam juga menjadi relawan untuk sebuah obat baru bernama, ToZaPrex yang dosisnya bakalan ditambah setiap kali Adam selesai evaluasi dengan psikiaternya. Kisah Adam bertahan di sekolah katolik ini yang bakalan jadi central cerita, selain tentunya ada bumbu roman dengan Maya cewek yang naksir sama dia. 

Baca Juga : Resensi Nevermoor Mirip Harry Potter

Premis struggling sebagai penderita skizofernia punya beberapa layer mulai dari, struggling di sekolah, struggling di rumah dengan ayah tiri dan adik baru, struggling dengan sang pacar Maya dan struggling dengan obat baru ToZaPrex.

Resensi 

Tadinya saya berharap Words On The Bathroom Walls yang mengambil POV sang tokoh utama, bisa bikin kita ngerti kalau penderita skizofernia itu seperti apa sih? Sayangnya Julia Walton nggak bisa deep banget  ngegali karakter Adam. Kita cuma disuguhin kalau penderita skizofernia itu ngelihat hal-hal yang gak ada seperti Adam, yang setiap hari melihat Rebecca si cewek cantik lalu ada paduan suara dan beberapa mafia. 

Baca Juga : Resensi Pay Sooner Or Later Simple tapi Menghibur

Sialnya di sini Julia Walton menggambarkan Adam itu sebagai penderita skizofernia baru dan ringan, sehingga gejalanya cuma halusinasi, lihat yang nggak ada aja. Sebagai readers kita cuma dikasih intip secuil aja, oh kalau skizoferia itu nggak bisa bedain mana hayalan dan realita. 

Struggling Adam memang berlapis-lapis namun, terasa tipis. Kaya kurang greget aja tapi, memang dasarnya Words On The Bathroom Walls adalah buku young adult. Konflik antara Adam dan Maya pun dibuat simple dimana Maya, pada dasarnya suka dan nggak keberatan punya pacar dengan gangguan mental. Overall, Words On The Bathroom Walls  ini masih di bawah The Fault Of Our Star namun masih enak untuk dibaca dan di atas standar novel romance remaja lokal. 

Yang paling kesel adalah di halaman terakhir, Julia Walton kasih remark kalau dia bukan dokter dan semua hal termasuk nama obat adalah imajinasi kreatif dan berdasarkan dokumentasi saja. I was like, pantes ini kok rada dangkal yah sebagai seorang penderita skizofernia.


Reactions

Post a Comment

0 Comments