Kartu Jakarta Pintar (KJP) Malah Dipakai Hura-Hura Warga Jakarta

Kartu Jakarta Pintar (KJP) Malah Dipakai Hura-Hura Warga Jakarta

Seperti biasa akhir bulan gue dan sejumlah warga ibu kota pasti memadati swalayan macam ramayana dan carrefour untuk membeli keperluan bulanan, namun akhir-akhir ini gue melihat banyak pemandangan aneh setiap akhir bulan. Pemandangan yang gue lihat di ramayana dan carrefour ini adalah pemandangan orang-orang menengah ke bawah yang sumringah atau bahagia seperti dapet rejeki nomplok. Mereka berbondong-bondong belanja makanan dengan membawa anak umur sekolahnya. Wajah bahagia terpancar di muka orang tua sementara si anak abg yang dibawa nampak bingung. Setelah gue perhatikan segerombolan orang tua dengan wajah merona penuh bahagia ini membayar dengan kartu KJP atau kartu jakarta pintar.


Sempat bingung beberapa saat sebab kartu jakarta pintar atau KJP bukan buat belanja bulanan bukan? Kalau nggak percaya silahkan lihat di websitenya langsung KJP WEBSITE. Tahu nggak yang tadi gue pikir belanja bulanan pas dilihat ternyata bukan.


Di Pakai Belanja Apa?
Orang tua penerima kartu jakarta pintar (KJP) ini malah belanja makanan mewah seperti ice cream, biskuit, astor,permen, minuman kaleng dan sirup seperti mau lebaran. Bahkan belanjanya bener-bener seperti mau lebaran, banyak banget! Buat orang yang terbiasa belanja bulanan seperti gue aja ampe bengong dan itukan bukan keperluan mendesak. Kalau dipakai buat belanja bulanan beneran seperti beras dan lauk pauk, masih bisa dimengerti karena mereka butuh hidup. Tapi ini bukan boo! Belinya udah kaya mau bikin party! Yang gue tangkep sih, kayanya mereka mikirnya kapan lagi dapet rejeki nomplok? Mari kita makan mewah!

Kalau begini bagian KJP ini seharusnya dipakai untuk keperluan pendidikan seperti beli sepatu, seragam, buku, alat-alat tulis dan ongkos naik trans Jakarta dimana? Duitnya pasti sudah habis buat foya-foya beli makanan mewah, every month is lebaran! 


Ini salah satu penampakan orang tua di carrefour yang foya-foya beli makanan mewah pakai KJP, ini belum seberapa dibanding penampakan di ramayana yang jauh lebih gila! Sialnya saking rame orang tua yang pakai KJP di ramayana sampe nggak ada ruang buat gue ambil candid. 

Emang gila mental Indoners ini, dikasih duit buat pendidikan malah buat hura-hura. Kaga pengen apa lihat anaknya pake sepatu dan tas bagus buat sekolah? Bisa ikut ekstrakulikuler yang berbayar atau ditabung buat biaya pendidikan nanti. All i can say is, mental orang-orang ini udah sakit! 
Reactions

Post a Comment

13 Comments

  1. Bknnya kjp emang boleh ya diperuntukan buat beli cemilan/snack. Gue aja dapet semacam lembaran kertas dari dinas. Berupa daftar² barang yg boleh dibeli dgn kjp. Dan snack masuk ke dalam daftar itu. Lagian juga kjp emang diperuntukan belanja di carefour/ramayana. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kalau semua dibeliin snack dan makanan lain tapi nggak ada sepeser pun yang dibeliin perlengkapan sekolah gimana? So far sih yang saya lihat begitu, bahkan ada yang beli sirop dan snack sekardus kek mau lebaran, kalau snack satu atau dua biji mah masih wajar.

      Delete
    2. Kalau beli botol tupperware bisa nggak yaa?

      Delete
    3. Tau g? Setiap akhir semester itu ada laporan yg harus ditulis pengguna KJP buat dinas pendidikan dan pasti kedata berapa banyak uang yang kepake 6 bulan itu. Trus, taip belanja struknya disimpen, buat bukti. Nanti dijadiin kliping. So, buat kalian yang bilang KJP dipake buat foya foya, tenang aja. Pasti bakal ada sanksi buat yang nyalahgunain KJP

      Delete
    4. Itu pasti pas sekarang-sekarang ada laporan tertulis pengguna KPJ, ini saya bikin tulisan pas 2015 dimana orang udah kek lebaran di belanja di ramayana pake KJP.

      Delete
  2. Pertama ngga semua sekolah terima gesek buat bayaran sekolah.drpd saldo ngendap ga dipakai, gak mngkin juga lah beli keperluan sekolah tiap Bulan.dont judge book from the cover. Awas lu foto org sembarangan, nnti tercyduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini artikel kapan, pas KJP pertama kali dikeluarin. Btw saldo mengendap apaan? Pertama kali dapet aja langsung pada pergi ke ramayana, jadi nggak nunggu saldo mengendap dulu tapi, begitu setiap bulan ke isi, mereka langsung belanja ke ramayana. Dan kalau liat apa dibelanjain pasti bingung, karena udah kek lebaran,kek biskuit, sirup etc bukan kebutuhan pokok.

      Delete
  3. Kami sdh belanjakan keperluan siswa dari buku-buku, tas, sepatu, bolpoint, potlot, penggaris dll, pokoknya semua keperluannya sdh terpenuhi hingga ke makanannya yg bergizi, lalu dari semua itu masih ada cukup buat untuk naik ojek online, tapi driver ojek onlinenya tdk memiliki mesin gesek dari Bank DKI, lalu ortu menalangi ongkosnya, jalur busway tidak ada yg sampai di dekat skolah msh hrs berjalan lg skitar 3 km.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini artikel pas pertama kali KJP keluar di lingkungan saya tahun 2015

      Delete
  4. Setuju..dont judge a book by its cover, tertulisnya sih saldo mengendap bisa di akumulasikan utk pencairan berikutnya..kenyataannya, saldo mengendap pas pencairan berikutnya hilang, daripada duit raib "dimakan" sama entah siapa ga salah donk ya kao lebih baik mereka belanjakan semua (pengalaman tetangga duit nyisa 300 sekian pas pencairan berikutnya ilang, ditanyain ke bank dki nya ga dot jawaban yg memuaskan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini artikel pas pertama kali KJP keluar di lingkungan saya tahun 2015

      Delete
  5. saya bbrp kali menyisakan sisa uang kjp klo yg besar keluar...tp sisa dr uang itu justru hilang dan terdebet otomatis ama org bank..lah gmna mau menabung buat beli laptop rencananya...baru disisain 300 rb aja pd ilang...bahkan ada yg disisain 1 jt jg ilang kedebet sendiri

    ReplyDelete
  6. Bsa kok... Alhamdulillah saya bsa beli laptop pake KJP...dan Alhamdulillah saldo'y g hilang walau aq g debet dari klas 7 Ampe klas 9...

    ReplyDelete