Kenapa Bulu Kelinci Rontok?

Kenapa Bulu Kelinci Rontok?

Punya pengalaman berurusan dengan kelinci hias yang rontok, apalagi kelinci hias jenis yang berbulu panjang seperti anggora, fuzzy lop dan lion head. Tapi kelinci berbulu pendek juga bisa rontok seperti netherland dwarf punya gua rontoknya gila-gilaan, sampai dielus pun bulunya nempel di tangan. Setelah gue telisik ternyata bulu kelinci bisa rontok karena beberapa hal dan gimana cara penangananya?


1. Molting
Kelinci apapun pasti moulting atau merontokan bulunya dalam setahun biasanya dua kali rontok, moulting bisa dilihat degan perubahan warna bulu biasanya bulu baru yang tumbuh warna jauh lebih cerah dan mengkilap. Moulting biasa dimulai dari bulu bagian atas terus ke bawah dan kelinci kelihatan seperti punya dua bulu. Biasanya supaya moulting bisa berlangsung cepat gue sikat setiap seminggu sekali biar bulu matinya cepat rontok.

2.Stress
Kelinci yang stress juga biasa merontokan bulunya, bedanya rontoknya nggak natural dan biasanya kelinci cuma diam di pojokan. Kalau dielus dan bulu rontok aka nempel di tangan coba perhatikan tingkah laku si kelinci, kalau diam terus di pojokan sudah pasti stress.

3. Hamil
Kelinci yang bunting sudah pasti bakalan cabutin bulunya dan ini yang bikin seolah-olah bulu mereka rontok. Bulu yang dicabut biasanya bagian bawah di dada dan perut, untuk membuat sarang.

4. Kepanasan
Fuzzy lop gue bulunya nggak pernah bisa panjang dan lebat seperti fuzzy lop yang ada di gambar-gambar. Padahal dari segi pakan sudah maksimal bahan makannya pelet import yang mahal. Setelah gue perhatikan rata-rata fuzzy lop yang berbulu lebat nggak tinggal di tempat panas, sementara si Kimchi fuzzy lop gue tinggal di dalam rumah non ac, tahu sendirikan Jakarta panas macam apa. Terus kalau gue kerja semua jendela dan pintu pasti di tutup. Hal ini bisa dilihat dari minumnya, dalam sehari botol minum harus di isi dua kali padahal netehrland dwarf gue bisa ganti seminggu sekali. Jadi menurut gue, dia kepanasan dan beradaptasi dengan bulu pendek dan minum banyak biar nggak gerah.


5.Kurang protein.
Dua kelinci hias gue pernah rontok gegara hal ini, biasa di kasih pelet import terus berubah ke pelet di pasar dan langsung rontok fuzzy lop sama netherland dwarf.  Mau nggak mau kudu balik ke pelet pet shop tapi setelah gue riset, kalau mau dikasih pelet biasa ada cara biar bulu kelinci nggak rontok. Caranya adalah ditambah kuaci atau biji matahari, karena kuaci punya protein yang tinggi tapi hari-hati takarannya jangan banyak-banyak karena bisa bikin kelinci obesitas. Kuaci yang dipilih yang kecil dan hitam kalau yang besar bergaris-garis, kelinci gue nggak suka. Jadinya kudu gue yang buka tuh kuaci terus dimasukin bijinya ke pelet. Cara ini sukses bikin bulu kelinci nggak rontok walaupun dikasih pelet murah.

6.Penyakit
Salah satu penyakit yang bisa bikin bulu kelinci rontok dan pitak adalah fur mites, atau infeksi tungau. Cirinya adalah ada daerah pitak, biasanya di sekitar leher atas dan yang paling jelas adanya serbuk putih atau ketombe. Kalau nggak diobatin, rontoknya makin meluas. Fuzzy lop gue diobatin dengan invermectin (obat scabies), bisa dioles langsung didaerah pitak atau dicekokin langsung. Tapi gue pakai dua-duanya biar cepet sembuh dan setelah sembuh, kasih makan oatmeal, biar bulunya cepet tumbuh.
Reactions

Post a Comment

51 Comments

  1. stress sepertinya yang jadi kemungkinan atau ingin kawin namun tidak ada pasangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana ada pengen kawin nggak aqda pasangan terus kelinci stress, situ pikir orang indon maunya kawin aja terus nggak dapet pasangan hasilnya stress.

      Delete
  2. invermectin (obat scabies) bisa dibeli dimana ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masuk ke facebook group peternak kelinci, di situ banyak kok yang jualan, obat scabies dan murah.

      Delete
  3. Min,, kalo moulting itu kira2 berapa lama ya.? kok ini udah 2 mingguan belum selesai juga rontoknya.. apa emang sampe botak dulu? Soalnya baca2 kayanya ngga stress kelincinya soalnya pada gesit & lincah dua2nya.. terus apa iya kalo moulting itu barengan,,? Soalnya ini kelinci kok rontoknya bisa barengan gini ya..? Mohon saran min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman setiap jenis kelinci moultingnya beda-beda, tapi umumnya jenis bulu panjang intensitas moulting dan kadar moultingnya lebih parah dari pada yang bulu pendek.

      Biasanya dalam setahun bisa dua atau tiga kali moulting tergantung kondisi, paling lama yang pernah dialami moulting selama sebulanan. Kadang cuma bagian belakang (pantat) pernah juga sampai pendek banget bulunya di semua bagian.

      Untuk mempercepat moulting rajin disisir, biar bulu rontoknya ke angkat dan dikasih vitamin tambahan, misal oxbow vitamin atau t-rex/biobig.

      Soal barengan, bisa jadi kalau jenisnya sama dan umurnya sama dalam perawatan dan kondisi yang sama bukan nggak mungkin.

      Berdasarkan pengalaman kalau sampai berbulan-bulan bulunya tetap rontok dan yakin nggak kena penyakit, biasanya nggak cocok dengan cuaca akibat terlalu panas. Pindahin ke tempat yang lebih dingin aka adem.

      Delete
  4. min,kalo misalnya bulu badannya rontok dan bagian leher terlihat tulangnya/kulit namun tidak ada ketombe itu kenapa ya?udah seminggu rontok...
    tipe kelinci inggris coklat dan lion putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak dikasih tahu umur dan sudah berapa lama dipelihara, jadinya nggak bisa komen banyak.

      1. kalau baru dipelihara, bisa jadi stress di lingkungan baru
      2. Sebenarnya fase awal dari tungau adalah cuma rontok di leher, ketombe baru kelihatan kalau sudah lama. Dan ini diobati dengan disuntik wormectin.

      Delete
  5. Min aku kelinciku umurnya 11 bulan, bulu nya rontok awalnya di kepala&telinganya aja lama kelamaan sampai ke badan. Aku memang sering ngeliat dia garuk" badannya. Itu bulunya rontok krna kutu atau moulting? Bagaimana cara mengatasinya min? Terima kasih banyak😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan dengan teliti apa ada semacam ketombe, kalau iya berarti tungau dan harus disuntik wormectin. Kalau nggak ada, bisa jadi molting, karena molting pasti rontok di seluruh badan.

      Delete
  6. Brother..minta saran dong..
    Saya pelihara kelinci english angora umur skrg masuk 4 bulan. Di bulan juni 2016.
    Udah 2 minggu ini aku perhatiin bulu di sekitar kepala belakang / leher kok rontok kliatan kulitnya..sama di kuping bagian bawahnya.
    Pertolongan awal nya harus gimana ya?.. Di tunggu nih bantuannya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa pastiin kalau nggak liat fotonya, coba perhatikan disekitar kulit yang rontok ada ketombe nggak? Biasanya sih itu gejala awal tungau, harus di suntik dengan wormectin.

      Delete
  7. Tolong dong min, ada gak obat lain selaim itu? Kelinci aku bulunya rontok dibagian bawah perutnya , sampe ke kaki2 juga tapi sekarang udh mendingan. Cuman aku liat di deket kupingnya kaya ada putih2 ketombe gitu , tapi kelinci aku masih sehat2 aja , ada gak obat lainnya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu curiga scabies kalau ada putih-putih di kuping. Susah kalau nggak lihat gambar, coba googling scabies terus nama obatnya kepromec, murah kok cuma 10 rebu aja.

      Delete
  8. Min, kelinci aku berumur 7 bulan. Udah 3 hari ini bulunya rontok cuman bagian bawah perutnya. Itu ciri2 scabies atau gimana. Tp gak ada putih2nya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fur mites ada ketombe di kulit yang bulunya rontok, kalau scabies perhatikan kuping dan kuku, kalau ada penebalan kulit berwarna putih seperti kerak, itu scabies.

      Kalau nggak ada tanda-tanda kedua itu, bisa jadi karena sedang molting pertama kali, baca saja "cara mengatasi bulu rontok atau molting" linknya ada di atas.

      Delete
  9. Min helep dund..hr minggu kmrn liat kelinci garuk2 smpenmerah dkt kuping ada putih2 ktny fix scabies jd lgsg bw n dvaksin udh..tp ksni2 garuk2nya sdh ga trll srg tp dikupingny putih2 mulai rontok dan ad yg kliatan kulitnya..apa itu fase sembuh abs disuntik scabiesnya? Mhn bantuan..jenis hollandlop 2bln 2minggu udh hmpr 1bln di aq...mksh min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Divaksin? Scabies mah dicekokin kepromec atau disuntik kepromec. Biasanya fase sembuh itu penebalan di kulit yang warna putih-putih rontok pelan-pelan. Sampai akhirnya penebalan di kulit yang warna putih rontok semua dan kulit kembali kelihatan.

      Dua bulan mah masih kecil sista, kalau umur segitu sampai kena scabies berarti nggak bersih kandang dan lingkunganya.

      Delete
  10. Min kelinci aku sering garuk badannya terus barusan aku liat kaya ada pitak di sektiar leher tapi gak sampe keliatan kulitnya, kira2 itu kenaoa ya min bantu jawab please makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan ada ketombe atau nggak? Kalau ada itu tungau. Terus pantau, kalau pitaknya terus melebar udah fix itu juga tungau.

      Delete
  11. Kelinci ku umur 3bulan min. Bulu kakinya rontok tapi hanya satu kaki aja sama kalo dielus rontok juga kenapa ya min. Makannya mau cuma pupnya mencret

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mencret sih udah pasti sakit tuh, ganti pakannya pake hay jangan dikasih pelet sama sayur.

      Delete
  12. Min mau nanya..
    Aku punya kelinci 2 jantan sama betina, udah dipelihara kurang lebih hampir setahun, terus kok bulunya rontok, dan rontoknya banyak..
    Terus jadi ngebentuk kayak belang gitu di bagian atas badannya..
    Jadi agresif juga, suka ngegigit orang lewat..
    Itu gimana ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelinci memang bakal rontok setahun berapa kali, namanya molting atau pergantian bulu. Kalau agresif banyak penyebab, bisa jadi hormonal atau karena stress.

      Delete
  13. Kalo misalkan di area rontok udh keliatan ada kyk ketombe, itu udh pasti sakit dan bisa langsung dikasih obat diatas atau harus dicek ke dokter lagi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik sih cek ke dokter, siapa tahu bisa dapat obat yang lebih efektif dan dianogsa yang teapat.

      Delete
  14. Kelinci gw umur 2 tahun.. Tiap dielus badannya pasti ada bulu nyangkut.. Gak stress & kepanasan.. Fix moulting wkwkwk :v

    ReplyDelete
  15. Biasa eah ank kelinci yg dijual dpasaran kisaran berapa bulan???
    Makasih sebelumnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelinci yang dijual di pasar umumnya dua bulan ke bawah dan belum lepas sapih, belum lagi mereka sudah dipajang dan kepanasan lama sehingga ketika dibeli dan dibawa pulang ke rumah, sering pasti mati.

      Lebih baik beli dari breeder bermutu, jangan di pinggir jalan atau di pasar bahkan petshop.

      Delete
  16. Siang min mau nanya gua punya kelinci dia gede gk tw udh brp bln trus kaki seblah kirinya rontok dia mungkin suka bersiin kakinya smpe bulu kakinya rontok yg 1 gua sering ngasih dia makan kangkung, makanan bervitamin kelinci selain kangkung sama tomat apa ya?? Trus dy punya luka gitu jg di kaki tp gk brani liat, klo bawa ke dokter hewan blh gk yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dia bad owner, pelihara tapi nggak riset dulu. Sejak kapan makanan kelinci kangkung sama tomat? Mending langsung ke dokter hewan saja dari pada RIP.

      Delete
  17. Min mau tanya klinci saya umr 3 bulan trus di lehernya botak gitu buluny dikit bgt kulitny kliatan tapi klo dileherny g ada ketombe gitu adany ditelinganya waktu itu,tpi udh ilang putih2 nya itu soalnya udh diobatin tpi yg dileherny itu buluny g numbuh2 masih botak..itu harus digimanain ya??

    ReplyDelete
  18. min mau tanya, saya ad klinci hmpir 1 tahun umur ny, seminggu yang lalu di grooming, dn itu prtm kali jt di grooming krn bgian blkng ny ktor bgt, nh sblm di grooming tu bulu ny rontok cm ga serontok stlh di grooming. Itu molting ato ga ccok sm shmpo di grooming ny? Kondisi ny mh sehat" aja g ad ketombe ato yang luka dll.trus itu di bgian pantat di ats kaki ny kek ad wrna kuning",ps hbs di grooming ilg lumayan ny kuning" tp ad yg ga ilg, kt ny sih perubahan wrna, apa bner? Soalny wrna kelinci ny putih trs ad bercak" hitam abu gt di badan, kuping ny item ke abu" an, gda wrna kuning sma sekali. Kondisi kndang jg bersih. Kelinci betina jenis lion head

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grooming keringkah? Karena kelinci nggak boleh dimandikan kecuali keadaan darurat seperti kutuan. Jadi amat gak disarankan grooming basah pakai shampoo!

      Kalau bagian belakang kuning, kemungkinan kena pipisnya.

      Untuk kelinci betina memang rawan rontok, biasanya moltingnya lebih parah dari jantan. Apa lagi kalau lagi musim birahi.

      Nextnya, grooming lionhead cukup sisiran saja, biar bulu yang rontoknya keangkat.

      Delete
  19. Mau tanya dong min, 2 kelinciku umur 1th 4bln jantan sama betina, nah yang betina bulunya rontok banyak kaya sarang burung tp kecil, apakah itu tanda hamil ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau betina banyak sebab, coba sista pastikan apakah mereka pernah dikawinkan? Salah satu ciri, kalau kelinci hamil selain berat badan nambah, biasanya mereka sibuk bikin sarang. Seperti gali-gali lubang.

      Delete
  20. Gan kalo makanan kelinci pendamping pelet apa ya selain hay?

    ReplyDelete
  21. Kan saya kasih pelet sama sayuran gitu bener ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayuran nggak boleh dikasih setiap hari dan dalam jangka waktu lama, tetap harus hay. Kalau nggak bisa nemu hay, bisa diganti rumput biasa saja.

      Delete
  22. Min mau nanya,kelinci saya jenis ND bulu dada nya putih, awal beli bulu kaki nya warnanya hitam, sekarang perlahan bulu kaki nya berubah jd warna putih juga, trs bulu nya ad rontok sedikit,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar kok kalau anakan kelinci pas gedenya berubah warna, sama kalau rontok memang kelinci pasti molting atau merontokan bulunya setiap beberapa bulan sekali.

      Delete
  23. Min mau tanya.. kelinci ku umur 2bulan bulu nya rontok gtu dielus nempel ke tangan.. udh gtu di kuping kaya ada putih" gtu cumaaa bintik gttu gmna ya minn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah kalau gak lihat langsung dan masih dua bulan juga, paling ke dokter hewan. Murah kok, paling 150 rebu kalau begituan mah.

      Delete
  24. Saya mau tny, kelinci saya umurnya 4 bulanan, kenpa yah bulunya koq kelupas seperti ganti kulit,dibawah bulu yg lama tumbuh bulu baru, jadinya bulu yg lamanya mengelupas ,kayak ganti kulit,.. Itu knp yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana yah, kalau rontok sih wajar tapi, kalau ngelupas? Aneh sih, bisa jadi jamuran tapi, kalau gak lihat foto susah.

      Delete
  25. Min bulu kelinci sy rontok sdh seminggu ini. Klo d klwrin. Suka maen d tanah dan ky galih2 gitu. Trus dia diam tdrn dech. Biasanya klo sy dktin dia lgsg bgun dan kabur, ini ga. Sampe sy pegang dia diam aj. Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang riset sepertinya, kalau rontok siapa tahu sedang molting dan memang kelinci habitnya gali lubang di tanah, biasanya yang betina bakal gali lubang karena insting indukan.

      Delete
  26. Min kelinci saya jenis kampung gitu,umurnya udah 6-7 bulanan. Tapi akhir akhir ini setiap dielus bulunya terbang bahka dipegang aja rontok bulunya.itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sedang molting, tenang kok nanti juga tumbuh lagi.

      Delete
  27. Mau nanya min, kelinci ku
    Tangan kakinya bulu nya lama2 botak
    Trs ada serbuk putih jg. Itu knp

    ReplyDelete
  28. Min kelinci saya jenis lokal udah sekitar 7 bln saya meliharanya, nah bulunya rontok di area sekitar hidung. Awalnya saya kasih dia pelet yg agak murah salama 6 bln terakhir terus 1 bln terakhir ini saya beli yg agak mahal, apakah gara2 itu kelinci saya bulunya jd rontok ya min.

    ReplyDelete