Review Notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF : Notebook Anti Lemot Untuk Windows 10

Review Notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF : Notebook Anti Lemot Untuk Windows 10

Review Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF / Celeron N3350/ Double Memory Slot / Harga Rp 3.000.000 Sudah kesal dengan notebook yang lemot ketika menjalankan windows 10? Karena sebagian besar notebook hanya dibekali RAM 2GB saja sementara untuk pemakaian standar windows 10 membutuhkan minimal 4GB RAM. Makanya waktu saya mencari notebook berbasis windows 10 yang ditekankan adalah RAM dan notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini adalah salah satu dari sedikit notebook yang mempunyai memori slot yang bisa diupgrade. Jarang-jarang ada notebook windows 10 yang punya memori slot, biasanya on board memori sebesar 2 GB saja. Notebook terakhir saya Asus e202s akhirnya menyerah saat terinstal banyak program yang harus jalan di background, seperti whatsapp, telegram dan automatic upgrade, RAM sebesar 2GB sudah nggak sanggup untuk menjalan berbagai program disaat bersamaan, apalagi kalau ada upgrade. Berbekal pengalaman tersebut notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF merupakan pilihan tepat tanpa lawan dikisaran harga 3 jutaan.

review acer aspire ES 11
Bentuknya biasa banget sekalipun pake embel-embel curve flow namun, amat sangat ringan cuma 1,1kg

Desain
Dari segi desain notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini memang nggak menarik bahkan saya bilang downgrade dari Acer Aspire Happy 2 yang dulu pernah saya gunakan. Full plastik namun kokoh, bagian depan dihiasi dengan tekstur kulit jeruk dan selebihnya biasa saja bahkan warna-warna yang tersedia pun nggak ada yang menarik seperti zaman Aspire Happy. Kalau boleh jujur kesan murah jauh lebih melekat padahal notebook murah lainnya punya desain mewah seperti Asus e202s bahkan notebook sampah Axioo MyBook 10 saja desainnya jauh lebih baik.

Review Notebook Acer Aspire ES 11
Tombol ON yang masuk ke dalam keyboard suka bikin salah pencet dan kaca monitor bak cermin yang memantulkan bayangan
Untuknya dari segi slot notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini nggak pelit ada tiga slot usb, port HDMI dan LAN bahkan ada slot MMC padahal hampir semua notebook sudah menghilangkan slot MMC. Ini merupakan poin positif untuk notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF.

Review Notebook Acer Aspire ES 11
Slot MMC yang sudah langka di notebook ada di notebook Acer Aspire ES 11
Desain keyboardnya nggak banyak berubah dari versi Happy tetap enak untuk di pencet dan mousepad notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini tergolong besar untuk ukuran notebook hanya saja tombol ON di tempatkan dalam keyboard diujung kanan. Ini kasusnya sama seperti notebook sampah Axioo MyBook 10 dan rawan salah pencet,  kenapa notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF nggak taruh tombol ON di luar keyboard saja? Padahal masih banyak ruang untuk meletakan tombol ON.

Layar seluas 11,6 entah kenapa kelihatan kecil sekali? Mungkin karena bentuknya yang nyaris kotak sementara notebook lain persegi panjang sehingga terlihat luas. Layar notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini pakai teknologi HD LED true cinematic view dimana kontras warna ngejreng banget dan bikin lelah mata, belum lagi layarnya dilapisi semacam kaca touch screen yang seperti cermin jadinya suka ada bayangan kita dan nggak bisa dilihat dari berbagai angle, kudu dari depan supaya jelas. 

Sementara untuk audio lagi-lagi lobang audionya ditaruh di bagian bawah namun, audio notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF terbaik di antara semua notebook yang saya pernah coba karena, suara paling nyaring sekalipun sember. Notebook lain rata-rata audionya lemah gemulai sementara notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini lantang banget, kalau nonton film semua kata-katanya bisa terdengar jelas tanpa bantuan speaker tapi, kalau kita setel musik keras-keras kerasa banget bassnya datar.

Baterai
Untuk baterai notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini hanya sanggup bertahan selama tiga jam saja bahkan kurang, seperti notebook lain zaman now baterainya unibody nggak bisa dilepas dan sialnya notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF penyakitnya sama seperti semua notebook Acer yakni panas dan tanpa kipas. Pakai logo quiet computing (tanpa kipas), padahal bagian bawah tanpa ventilasi sama sekali cuma lobang audio saja kalau dipakai di ruangan tanpa AC bisa overheat dan dulu Acer Aspire Happy 2 saya nggak mau nyala karena ada masalah dengan kelistrikannya, soalnya sering panas gara-gara saya selalu pakai bahkan sampai seharian penuh.

Performa
Saya sudah pakai notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF selama tiga bulan dan sudah instal semua program dari whatsapp, telegram, photoshop dan adobe illustrator dan semuanya bisa berjalan lancar bahkan, buka bersamaan pun nggak masalah paling saat buka adobe illustrator rada lama tapi pas udah masuk sih lancar. Saat ada automatic upgrade pun, nggak ada hambatan, bisa jalan bareng saat kita buka aplikasi lain. 
notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF
Tak ada lubang ventilasi dan slot memori yang gampang dibuka

Sayangnya untuk notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini malah downgrade dengan pakai intel celeron N3350 yang tergolong jadul dan nggak terlalu mumpuni buat olah grafis. Konon katanya pihak Acer sengaja pakai intel celeron N3350 demi hemat daya.

Memori RAM Yang Aneh?
Awal pembelian notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini cuma kasih RAM 2GB dan langsung saya upgrade ke 8GB akan tetapi banyak banget memori RAM yang nggak bisa kebaca sama notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF, begitu saya buka bagian belakang ternyata cuma ada satu slot memori saja tapi anehnya, ketika ditambahkan RAM 2GB terditeksi 4GB? Ternyata Acer sudah menanamkan memori RAM onboard sebesar 2GB dan menyediakan slot memori tambahan untuk upgrade.

Ram ddr3 untuk notebook Acer
Karena banyak yang tanya, ini RAM DDR3 yang saya pakai 

Walaupun slot upgrade ini nilai plus namun, memori onboard yang tertanam tidak diketahui merk apa? Sehingga seperti yang saya tulis di atas, banyak sekali memori RAM yang nggak bisa terbaca dan hanya merk Visipro Hynix DDR3 yang bisa terbaca. Jadi kalian harus hati-hati ketika membeli memori RAM tambahan, takutnya sudah beli mahal-mahal tapi nggak bisa dipakai sedangkan, untuk maksmal RAM nggak jelas, karena ada yang bilang 8GB ada juga yang bilang 6GB. 

Saya sengaja nggak buru-buru review notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini, takutnya seperti Asus e202s yang awal-awal lancar tapi kebelakang lemot banget begitu udah instal banyak program. Overall, performa bagus banget dan bisa diandalkan berkat memori RAM yang bisa diupgrade. Buat kalian yang cari notebook berbasis windows 10, saya amat menyarankan  notebook Acer Aspire 11 ES1-132-C7SF ini. Daya tahan baterai yang standar serta desain murahan, masih bisa ditolerin dengan performa terbaik di kelasnya. 


Reactions

Post a Comment

36 Comments

  1. mas mau tanya tipe ram tambahan yang dipakai untuk netbook ini apa ya?
    untuk tipe ram bawaan netbook ini pake brand micron konfigurasi 1rx16 cuman ada 4 cip ram di boardnya
    saya kemarin belin ram tapi gak cocok samsung 2gb 2rx8 pc3l-12800s-11-11-f3 pin 204
    apa ramnya harus ddr3l pin 260 saya liat di online shop ada yang jual vgen ddr3l pin 260
    Product Name : V-GeN Platinum SO-DIMM DDR3 2GB PC10600/PC12800 Low Voltage
    Brand : V-GeN
    Series : Platinum
    Capacity : 2GB
    Type : 260-pin DDR3L DIMM
    Speed : DDR3 PC10600 (1333Mhz)/PC12800 (1600Mhz)
    Cas Latency : CL11
    Voltage : 1.35 V
    Timing : 11-11-11-28-39

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah coba Vgen sama samsung nggak bisa gan, ini yang saya pake.

      merk: Visipro SK hynix
      capacity : 4GB

      link :
      https://www.tokopedia.com/jykomputer/visipro-ram-laptop-ddr3-8gb-pc12800-1600-mhz-low-voltage-memory-sodim

      https://www.blibli.com/p/visipro-sodimm-ddr-3-ram-notebook-2-gb/pc--MTA-0734472?ds=DEC-60023-00144-00001&gclid=EAIaIQobChMIw4bc1oq_6QIVUyUrCh3BNQcxEAQYBSABEgJasPD_BwE&gclsrc=aw.ds&tab=specification


      Delete
    2. terima kasih atas infonya gan
      langsung ke tkp

      Delete
  2. usahakan kalo beli ram cek type ram'n apa,.
    karna ada type DDR3/DDR3L dan DDR4
    kalo salah type yah ga cocok

    ReplyDelete
  3. terus usahakan yg sodimm jangan dimm krna sodimm dikhsuskan untuk laptop dan netbook sdngkn dimm untuk pc

    ReplyDelete
  4. kayaknya sama dengan laptop saya, tapi tipe belakangnya C72S. Sejak 2017 cuma dipakai ngetik sambil browsing. Pernah nyoba corel tapi tidak kuat. Belakangan ini kalau multitasking kursornya lag sampai aplikasi not responding semua. Saya memang belum pernah upgrade ram, apakah laptop saya juga cocok dengan visipro SK hynix sekalipun versi 8gb? Saya kurang paham merakit sendiri, berapa harga biasanya untuk upgrade ram di tempat servis? Mohon bantuannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Seperti itu tipe yang jauh di bawah Acer aspire ini.
      2. Kalau soal lag bisa banyak sebab.
      3. Mending laptopnya di bawa ke toko komputer langsung, jadi bisa langsung di coba bisa apa nggak btw biasanya tipe ini, udah ada RAM onboard 2GB jadi nggak kalau ditambahin RAM 8GB. Palingan RAM yang 4GB atau 6GB. Harga tergantung merk sih, aling murah 160 ribu juga ada.

      Delete
    2. BTW coba pake CC cleaner dulu sebelum nambah RAM, siapa tahu itu sista laptopnya banyak junk sama cachenya. Cari aja di google cc cleaner buat windows fungsinya kek RAM cleaner di android. Buar bersihin semua file sampah.

      Delete
  5. Bos saya mau bertanya kebetulan type laptopnya sama, kalau boleh tau ram laptop antum skrng berapa yh 10 GB atau 6 GB (2GB onboard) saya rencana beli 8GB tapi takut ga suport, berapa maksimal ram yg support untuk laptop type ini?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang 6GB (2+4GB) lancar kayanya 8 GB mak tapi gak akan bisa soalnya udah ada 2GB on board. Jadi ambil aman aja 6GB.

      Delete
  6. Kemarin sempet tanya ke dr.Acernya, kalo notebook Acer aspire ES1-132 masih support untuk upgrade RAM sampe 10gb(2gb onboard+8gb tambahan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edan gak salah tuh? Masa notebook celeron aja ampe 10gb. Asus i3 saya malu cuma mentok RAM di 8gb.

      Delete
  7. Please kasih link pembelian ram yang rekomendasi buat laptop ini gan saya butuh yang 4gb, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk: Visipro SK hynix
      capacity : 4GB

      link :
      https://www.tokopedia.com/jykomputer/visipro-ram-laptop-ddr3-8gb-pc12800-1600-mhz-low-voltage-memory-sodim

      https://www.blibli.com/p/visipro-sodimm-ddr-3-ram-notebook-2-gb/pc--MTA-0734472?ds=DEC-60023-00144-00001&gclid=EAIaIQobChMIw4bc1oq_6QIVUyUrCh3BNQcxEAQYBSABEgJasPD_BwE&gclsrc=aw.ds&tab=specification

      Delete
  8. Gan boleh minta foto pemasangan ram nya, soalnya saya ko Ram saya tidak terdeteksi padahal sama" tipe laptop dn ram ny, klau ada channel youtube bolh kasih link gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, memang penyakit tipe ini kek getuh, biasanya kalau gak terditeksi gak bakal nyala laptopnya. Dulu juga pake merk sama yang 2gb gak mau nyala, pas diganti yang 4gb malah nyala.

      Delete
    2. Gan ram antum DDR3L atau DDR 3 ? ana ko pakai Hynix DDR3L sesuai spesifikasi laptop black screen stelah pasang ram yh, punya solusi gan padahal type laptop kita sama. Dah putus asa ana bos😣

      Delete
    3. Ya jelas gak bisa, pake DDR3 gambat RAM tercantum di atas

      Delete
    4. Maaf mksd ana jg DDR3 bos sm sperti antum, sprti gmbar tpi black screen yh hehe gmna yh bos

      Delete
    5. Wah, coba cabut tempel terus, pastiin baterai penuh. Klo gak bisa mau gak mau, cari merk lain, kalau saya sih gak ada masalah.

      Delete
  9. Mas itu notebook punya mas sama engga dengan acer aspire 11 es1-132-c72s (tanpa huruf 'F' diujung)

    ReplyDelete
    Replies
    1. serinya sama ES1-132 tapi beda tipe yang ini C7SF entah apa yang bikin beda. Tapi bentukan sama spec kurang lebih sama.

      Delete
  10. Gan, sepertinya belum ada review untuk dimanfaatkan video call begitu ya?
    Apakah optimal?
    Lalu untuk hddnya apakah bisa di upgrade menjadi ssd gan?

    Untuk dikoneksikan dgn HDD eksternal 1TB apakah kuat ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Saya WFH buat zoom aman kok, cuma reslusinya emang VGA.
      2.Yah, gak bisalah mana ada hdd bisa diganti ssd, gak ada ruangnya sama konetornya aja beda.
      3. Jangankan 1TB, saya nonton di WD 2TB aja lancar. Ada USB 3.0 di belakang yang warna biru.

      Delete
  11. Min kmrin sya instal laptop Acer aspire es 11 es1-132-c4bm ini kok lemot yah min windows 10, apa yg harus sya lakukan apa saya bawa kembali ke tempat islntal agar di perbaiki atau gmna min? Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih gak lemot, coba upgrade RAM aja itu udah on board 2 GB jadi tambah 2GB lagi biar 4GB atau 4GB biar jadi 6GB. Jangan lupa instal CC cleaner, buat bersihin file junk.

      Delete
  12. Min mau nanya, laptop kita sama batas upgrade ram untuk laptop ini berapa ya, terus bisa kah di upgrade jadi ssd?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pake 6gb masih lancar, sepertinya batas ram 8gb buat celeron kek gini. Klo ssd yah gak mungkinlah, hddkan disolder di dalem.

      Delete
  13. Type ram yang cocok apa yah, sk hynix kah?

    ReplyDelete
  14. gann...
    Kalau ram tipe hynix bisa terbaca kah?

    ReplyDelete
  15. Gann..
    Tipe hynix ddr3l apakah terbaca ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samin aja seperti gambar di atas, itu yang saya pakai juga hynix. Paling aman sih, bawa notebooknya ke toko buat dicobain langsung.

      Delete
  16. Kata siapa hddnya onboard/disolder? coba bongkar lagi yang bener.

    ReplyDelete
  17. laptop saya bisa upgarade ke ssd 128 gb dari merk visipro, next saya upgrade ram nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, emang bisa yah diupgrade ke ssd. Tapi, rugi gak sih dari hdd 500GB ke ssd cuma 128GB, mana banyak data kek pelem pula. Berhubung udah ram udah 6 gb jadi, pake hdd gak kerasa sih.

      Delete