Review Teeth Trainer Atau Perapi Gigi, Benarkah Merapikan Gigi?

Review Teeth Trainer Atau Perapi Gigi, Benarkah Merapikan Gigi?

Pada dasarnya saya memang pernah pakai kawat gigi selama tiga tahun karena, kondisi gigi yang kacau balau sampai rahang bawah tidak bisa menutup dan miring. Selang tiga tahun, dokter memberikan saya semacam kawat gigi non permanen yang bisa dicabut tempel, hanya dipakai ketika tidur saja. Fungsinya supaya gigi saya tetap pada kondisinya dan tidak acak-acakan lagi, kawat gigi non permanen ini kalau nggak salah dulu seharga Rp 700,000 getuh dah dan ngepas banget di rahang, jadi rada sakit kalau dipakai, imbasnya lebih banyak nggak dipakai. Gegara jarang saya pakai gigi yang sudah rapi ini jadi rada-rada berjarak getuh dah.


perapi gigi

Kawat gigi non permanen untuk rahang atas dan perapi gigi yang menyatu untuk rahang atas dan bawah.


Merajalela Di Olshop
Sekarang banyak banget saya lihat di online shop dan toko daring tentang teeth trainer atau perapi gigi, sekilas memang mirip banget dengan kawat gigi non permanen saya hanya saja dari plastik biru getuh. Cara pakai juga sama dan pikir saya pasti nggak bakal sesakit kawat gigi non permanen dari dokter. Singkat cerita, saya akhirnya membeli teeth trainer atau perapi gigi dari sebuah toko daring seharga hanya Rp 24,000 saja. 


Kok Mirip Gum Shield?


Ketika saya barangnya sampai, saya sempat bengong sebab, mirip banget bahkan sama dengan gum shield taekwondo. Saya pun memutuskan untuk bergoogling ria dan menemukan  bahwa yang disebut teeth trainer itu, biasanya untuk anak kecil yang giginya belum rapi.  Jadi teeth trainer atau perapi gigi ini untuk anak-anak? Tapi kok ukuran rahangnya dewasa? Apa ini sebenarnya gum shield taekwondo?


Ketika dipasang, ternyata nggak banget untuk kebutuhan saya karena, perapi gigi ini mengkover semua dari gigi sampai gusi, nggak seperti kawat gigi non-permanen dari dokter yang hanya melingkari gigi saja bukan gusi. Belum lagi nggak sesuai kebutuhan saya yang memang untuk merapikan gigi berjarak dan rahang bawah.

Penampakan gum shield yang sebelas dua belas dengan perapi gigi.


Saya memang belum konsul ke dokter perihal perapi gigi ini namun, lihat produknya yang mirip sekali dengan gum shield, sepertinya ini pengembangan dari gum shield kalau memang produk ortho, kenapa dokter saya nggak menyarankan perapi gigi saja?


Perapi gigi ini sama sekali nggak ada kerasa sakit atau kerasa ada tarikan getuh? Kalau kawat non permanen bikin susah tidur, nggak nyaman tapi kerasa banget.

Khasiatnya?
Buat saya sih, produk ini percuma dan malahan jadi buat olah raga karena kepake untuk gum shield. Tapi buat anda yang menderita tongos atau gigi depan maju, macam Elly Sugigi dan Bokir mungkin masih bisa memakai perapi gigi ini. saya perlu ingatkan kalau kondisi rahang dan gigi orang-orang berbeda-beda, nggak bisa disamakan dengan sebuah produk masal yang nggak jelas asalnya dari mana? Contohnya saya yang bermasalah dengan rahang bawah dan gigi berjarak untuk rahang atas, malah sia-sia beli perapi gigi ini. 



Reactions

Post a Comment

46 Comments

  1. Iya. Aku ngerasa mirip gum shield wlwkkw

    ReplyDelete
  2. Aku pertama pake malem hari gusiku keluar darah, wajar ga sih ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak wajarlah, itukan karet harusnya lentur nggak bakal keras.

      Delete
  3. Kak untuk pemasangan kawat gigi kisaran berapa y harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan, paling start dari 5-10 jutaan. Di dokter gigi yah, bukan ahli gigi!!!!!!!

      Delete
  4. Berarti kalau giginya rapi tapi agak maju gkpp ya pake perapih gigi ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma tongos aja sih, masih bisa cuma, karena bahanya karet nggak terlalu kuat buat narik gigi. Jadi bisa berhasil, bisa juga zonk.

      Delete
  5. Kak gigiku agak geser ke sebelah kiri kira² bisa ga dirapihkan pake teeth apa itu laa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak bisa asal sista, harus dilihat sama dokter gigi. Kalau mau murah ke dokter gigi yang praktek di pukesmas saja.

      Delete
  6. Kak gigi depan aku maju dikit,tpi bisa kan pakai itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya lihat dulu sih, kalau sekadar merapikan harusnya bisa. Tapi, buat anak kecil sama remaja.

      Delete
    2. Teeth trainer beda beda kwalitasnya kakak. Kalau saran saya cari yg harganya masuk akal. Kalau harga dibawah 100k kemungkinan palsu atau bahan karetnya kurang bagus. Saya pakai yg harga 480k Alhamdulillah ada hasil & gak bikin gusi berdarah. Bahannya elastis & nyaman bgt digunakan ukuran sesuai dgn standar gigi org dewasa. Jgn tergiur harga murah kaka

      Delete
    3. Beli dmn kak yg 480 soalnya aku beli yg 120

      Delete
  7. Gigi atas depan saya agak maju kak trus ada 2 gigi taring SMA gigi yg numbuh kedalam kira2 bisa ga pake itu ?

    ReplyDelete
  8. Gigi depan aku yg atas agak maju gtu trus d samping nya ada gigi taring 2 trus ada gigi yg numbuh ya kedalam juga ,pake itu bisa g y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik konsultasi langsung ke dokter gigi, jangan takut mahal bisa ke puskesmas yang ada dokter giginya, murah kok.

      Delete
  9. Ak udah pake tpi kok karet bawax longgar tdk lengket digigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah dibilang, ini produk masal bukan produk dari dokter gigi yang dibuat khusus kebutuhan pemakainya.

      Delete
  10. Kalo gigi yang tidak rapi bisa ga ya pake perapi gigi karet ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kalau cuma tongos mungkin bisa tapi, kalau nggak rapinya parah yah nggak bisa.

      Delete
  11. Kak umurku kan 13 tahun, jadi masih bisa gak buat pakai teeth trainer? Soalnya gigiku agak tonggos sama yang bawah ada cela cela nya gitu.. Jadi masih bisa engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa kok, umur segitu justru kalau dibenerin cepet, masalahnya apakah teeth trainer pas sama rahang kamu yang kecil? Teeth trainer di pasaran itu ukuran dewasa loh.

      Delete
  12. Aku pertama kali pake ,gigiku ngilu dan gigi depan yg 1 ny ag goyang.. Bahaya g yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasikan ke dokter gigi, ke pukesmas saja, murah kok paling cuma 10 ribu untuk konsul dan cek.

      Delete
  13. Kak kalo untuk gigi kelinci dua renggang bisa nggk ya makek ini?

    ReplyDelete
  14. Kak kalo untuk gigi kelinci dua renggang bisa nggk ya makek ini?

    ReplyDelete
  15. Gigi depan saya tonggos 1 bisa gak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung usia juga sih tapi, keknya kalau cuma tongos bisa sih.

      Delete
  16. Klo buat gigi bawah yg maju bisa gak ya? Ini bukan sedari lahir, tapi waktu kecil saya suka mainin gigi bawah pake lidah jadinya gigi bawah saya agak maju daripada yg atas, kira kira bisa ga yah pake itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalau gak lihat sih nggak tahu, cuma kalau untuk sekadar merapikan saja bisa. Tapi, kalau narik gigi bawah ke belakang seperti susah dah.

      Delete
  17. Kalau usia 20 th tapi giginya tonggos 2 sama renggang dikit bisa nggak ya kak

    ReplyDelete
  18. kak tolong dibales yah..
    aku 17 thn, giginya agak dikitt tonggos dan bagian depan benggang. bisa gk ya pakek ini? soalnya mau pasang behel takut gabisa karena ada gigi graham yang patah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter gigi dong say, kalau mau murah ke dokter gigi di puskemas aja. Jangan main googling sendiri, apa lagi ada yang patah itu.

      Delete
  19. Ka,,gigi aku yang atas agak maju,trus ga rapi dari lahir,trus aku pernah cabut gigi,,jdi ko ngerasa makin ga pede aja kalo senyum gigi ku ga rata,,gmna yah saran nya

    ReplyDelete
  20. kak aku umur nya 14th gigi aku yg atas paling depan mundur satu trus aku mau pake trainer dr ismile usa bisa ga kak?dan gaada gigi yg numpuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya klo cuma ngerapihin aja sih bisa tapi, tetep harus lihat fotonya dulu gak bisa asal. Paling aman sih, konsul aja ke dokter gigi, kalau mau murah ke dokter gigi puskesmas bisa gratis pake BPJS orang tua.

      Delete
  21. Kak mau nanya kalo giginya renggang masih bisa dirapihin gak ya untuk umur 22 kalo pakai teeth trainer dr ismile USA ori?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka ,ak ini sdg d bhel sdh 2 th gegara gigi dpnku 1 nyengsol gth alias miring+pnjang gth,tpi hsilnya gigi gk seratus persen sejajar ,msih kelihtn sdkit bgt kurang rapinya itu pun klw d lht secara dkt bgt,klw mau lepas bhel terus beralih ke retainer smile usa trs klw udh lps pke retainer smile usa bkln gk rapih lgi atau hsinya permanen

      Delete
    2. aduh nggak berani komen klo kasusnya kaya lo, mending ke dokter gigi dulu aja dah. Dari pada nanti kenapa-napa

      Delete