Cara Mengatasi Sore Hocks (luka di telapak kaki) Pada Kelinci

Cara Mengatasi Sore Hocks (luka di telapak kaki) Pada Kelinci

Udah dua bulan ini pusing pala berbie, gegara si Kimchi dan si Bimbim tak terduga kena sore hocks! Dari mana penyakit ini datang? Padahal kelinci saya adalah indoor bunny aka nggak dikandangin sementara sore hocks setahu saya cuma terjadi sama kelinci yang dikandangin dengan alas jeruji kawat atau besi. 

Buat yang nggak tahu apa itu sore hock, intinya gampang aja, yakni penipisan bulu di telapak kaki kelinci sampai kulitnya kelihatan. Nah, si Bimbim mini rex nggak terlalu parah karena sore hocksnya cuma sebatas hilang bulu sementara si Kimchi fuzzy lop lumayan parah! Karena kulit yang hilang bulunya sudah sampai berkerak putih.

Penyebab:
Usut punya usut ternyata mini rex memang rawan kena sore hock karena bulu kakinnya lebih tipis dari jenis lain sementara fuzzy lop ini yang bikin bingung. Setelah gue telusuri kelinci memang nggak terbiasa jalan di tempat yang keras, semisal lantai kayu, marmer, triplek. Kaki kelinci dirancang untuk diatas rumput atau tanah. Bisa juga karena kedua kelinci gue obesitas atau kaki si Kimchi ini sering banget kena air kencing. Fuzzy lop biasanya yang kalau pipis belepotan banget karena bulunya yang panjang. Kalau menurut gue sih kenapa dua kelinci gue yang bebas kandang ini bisa kena sore hock karena terlalu lama diatas lantai marmer dan jarang banget ngijek tanah atau alas yang lembut. 

Cara Mengatasi:
1. Kalau sudah parah sampai bulu yang hilang sudah terlalu banyak atau sampai kulitnya berkerak putih/hitam, lebih baik  segera ke dokter hewan.

2. Pindahkan kelinci ke kandang yang sudah dikasih alas lembut seperti karpet tebal yang dilapisi kain.

3. Kalau masih tahap awal sore hocks bisa menggunakan betadine, teteskan  di luka sore hocks, dua kali sehari, pagi dan malam. Terus ulangi sampai sembuh. Lebih bagus kalau sudah ditetesi betadine balut dengan polipcrepe, itu loh yang biasa buat tutupin orang patah tulang, yang warnanya cokelat.


Setelah ditetesi betadine kaki Bimbim si mini si rex cukup dua minggu sudah mulai kembali sembuh dan tertutup bulu sementara Kimchi si fuzzy lop butuh sebulan lebih karena jauh lebih parah. Berkat kejadian ini saya masukin kedua kelinci ke dalam play pen yang sudah dikasih alas karpet tebal, jadi kaki mereka nggak langsung nyentuh ubin marmer.   


Ini sebenarnya adalah keset pintu yang saya beli di carrefour, tebal dan empuk plus tekstur atasnya mirip rumput. Biasanya atasnya dilapisi lagi handuk biar gampang bersihinnya. 

Sialnya, kelinci saya lebih suka di ubin karena dingin.

Jadi terlalu lama di lantai atau ubin marmer juga nggak baik, justru yang bagus untuk kaki kelinci adalah tanah langsung, kalaupun mau pelihara indoor macam saya, mau nggak mau sediakan karpet yang tebal dan empuk, biar nanti nggak kena sore hocks
Baca Juga : Cara Membasmi Fur Mites atau Kutu Pada Kelinci
Baca Juga : Cara Mengatasi Tungau Pada Kelinci
Reactions

Post a Comment

28 Comments

  1. Makasi Bang Wal, saya banyak belajar dari blog ini.

    Maklum baru pengalaman dgn blugon hari ke empat.

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget blognya keren. Oiya saya mau nanya, itu kelincinya sepasang cewek sama cowok atau gimana? Apa mrk disteril? Kalo iya, berapa biayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jantan sama jantan. Sengaja biar nggak usah disterilin, dan mereka nggak disterilkan. Kalau steril biasanya di dokter rotoro yang bagus, dan biaya sekitar 800-900 ribu perekor.

      Delete
  3. Kalau di indoor kelincinya mau pulp di satu tempat? Kalau bs gimana caranya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada udah pernah saya tulis, ini linknya : http://www.everybodygoesblog.com/2015/11/cara-melatih-kelinci-pipis-dan-pup.html

      Delete
  4. Ke dokter hewan mahal ga ya dek.kasian sy lihat ank klinci sy😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kondisi juga, kalau masih baru-baru palingan dikasih salep murah.

      Delete
  5. Maaf... Punya saya mungkin sudah 3/5hr ada keraknya... Kira2 bisa di kasih betadine apa gak? Atau salep apa yg bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus lantainya di kasih alas yang empuk dulu aja,baru teteskan betadine lihat dalam tiga atau seminggu sembuh atau nggak? Kalau nggak ke dokter hewan.

      Delete
  6. Bapak sama mak gw jahat bat sama kelinci padahal tinggal gitu doang caranya tapi gk bolehin😭

    ReplyDelete
  7. Kelinci saya ditaruh di kandang tempat kucing itu, enaknya gimana ya biar kakinya ga kena penyakit kaya gitu. Ga tega liatnya😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kasih alas kandang kelinci, ada di olsop kok banyak murah lagi. Sama sering dikeluarin aja, biar bisa bebas.

      Delete
  8. Sama saya juga di umbar nih, dan lagi kena kaki ma tangannya smua. Krn abg sya jualan ikan cupang hias drumah jd sering basah juga, itu klo dksh betadine terus di jilatin gmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis dikasih betadine, langsung dibungkus gips jadi gak dijilatin.

      Delete
  9. Kak saya gak tau euy udah berapa lama kaki nya kayak gitu soalnya saya keluarin kelinci di lantai rumah terus kalau mau pupup sama kencing dia pasti kedalam kelinci sendiri menurut kaka mending gimana ya saya takut kelinci saya kenapa napa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya halaman sih, bagusnya dihalaman saja. Sama selama penyembuhan harusnya masukin saja, di dalam kandang, sampai rada menindingan.

      Delete
  10. Kalau di kasi Betadine, itu aman di jilatin si kelinci kah?

    ReplyDelete
  11. Kelinci saya ngga tau berapa lama lukanya . Sampai ada bolong gitu di kaki nya . Gimana ya kak caranya sembuhin nya. Kalau ke dokter biaya pasti mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ke puskeswan kalau mau murah banget dan kamu gak punya pilihan selain ke dokter hewan, bisa telpon dulu tanya kira-kira bayar berapa? Kalau berapa lamanya saya gak tahu, selama ini aja sampai sampai salep habis. Klo gak diobati, bisa fatal karena kelinci gampang mati.

      Delete
  12. Punya saya sampe darahan sedih ngeliat nyaa, udah di kasih betadin terus dikasih keset seperti gambar Kaka ehh kesetnya di makanan pinggirnya jadi dia malah batuk batuk skrng, susah di omonginnya, oh iya kelinci saya kalo pup di WC manusia tapi pipisnya di ubin mungkin karna itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udah sampai berdarah mending ke vet, nanti dikasih salep sama kadangin dengan alas empuk dulu biar gak jalan-jalan.

      Delete
  13. Bang kelinci saya telapak kakinya luka kecil nah itu kelinci saya pincang dibagian yg luka juga kakinya bengkak, itu kira kira kena apa ya dan obat ampuhnya apa, kalo memang mau dibawa kedokter hewan biayanya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sore hocks harusnya sih gak pincang dan bengkak, susah kalau gak lihat langsung, karena gak tahu itu aslinya kena apa jadi gak bisa prediksi bayar berapa.

      Delete
  14. Kak izin tanya untuk dibungkusnya ini harus pakai gips ya? Ini gips yang dicetak sendiri itu? Atau kayak dibungkus kapas/kasa terus dikasih hansaplast buat ngerekatin apa boleh kak? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gips tapi polycrepe beli di apotek yang gulungan tapi, gak begitu worth it sih. Soalnya pasti digigitin sampai putus.

      Delete