Review Epad Errys WM8650

Review Epad Errys WM8650

Minggu lalu gua ngga sengaja nemu forum tentang ikiller di kaskus, yang isinya tentang tab android murah meriah dari cina. Salah satu merk yang punya rom sendiri di kaskus adalah epad errys, begitu gua liat testi orang-orang kalau tab ini murah dan ngga murahan why not so i bought it dari pada beli handphone android sekalian aja tab.



Unboxing
Ok apa yang gua dapet dengan harga Rp777.000? epad in cuma kasih gua garansi setahun di toko, user manual, charger sama transfer box. Udah cuma segitu aja ya namanya juga 700.000 ribuan, boleh di bilang paket hemat tab android. Tapi ada yang rada aneh dah soalnya gua ngga liat merk apapun di boxnya?????


Seperti yang udah gua bilang kalau di boxnya ngga ada merk, ataupun nama produk tab ini?. Bingung dah selidik punya selidik gua baca di user manualnya ada tulisan WM8650, dan pas gua tanya orang-orang di dunia maya pun mereka bilang ini tab WM8650 bukan epad errys. Jah ko gua makin bingung?gua tanya ke tokonya ini beneran epad errys yang Rp777.000 sesuai dengan apa mereka jual di kaskus. Entahlah gua ngga tau mana yang bener.







Specification and fitur

Tadinya gua mau beli yang cuma Rp500.000 aja loh, tapi pas gua liat processornya yang cuma 400mhz gua makin bingung, LG me aja yang hp kecil udah 600mhz masa tab cuma 400 mhz. Untungnya gua teliti jadi ngga beli yang itu, epad errys WM 8650 ini punya memori 256mb dengan processor 600 atau tepatnya 588mhz. Tapi sayangnya kalau overclock dia langsung turun ke 288mhz alamak gua baru tahu ini pas baca dari mbah google, makanya harus disisipin applikasi kaya setCPU. Biar dia ngga terlalu butek mikir banyak dan berujung kepanasan.

Terus specnya gimana gua baca di setting sih dia android ver 2.2 dengan froyo ver 1.5.5 yeah i know out of date, kernel 2.6.32.9-deafult dan di keterangan model bertuliskan wondermedia 8650, epad ini bisa di root dan di upgrade tapi cuma bisa ke froyo ver 1.6. Kalau mau maksimal ya upgrade satu tingkat aja, kalau ke honeycomb dia ngga bisa, dan banyak keterangan matot kalau di upgrade lebih dari froyo ver 1.6

Satu hal yang bikin epad ini mumer adalah ngga tersedianya slot simcard, jadi dia cuma bisa ngandelin wi-fi setingan android yang gua dapet dari toko wi-finya ngga punya fitur ip adresss. Jadi susah connect ke wi-fi yang di protec pake password, tapi ini bisa di akalin dengan cara ngeroot froyonya which gua ngga tau gimana caranya, karena tab ini ngga ada colokan usbnya. 

Karena dia ngga ada slot simcard makanya dia punya satu fitur yang bikin orang-orang IT kantor gua ngakak abis, epad ini kasih trasfer box. Ituloh semacam usb connector jadi kita bisa colok modem sama mouse plus keyboard, gua juga bingung nama kaga sekalian aja kasih slot usb. Buat modem konon cuma mau kerjasama dengan beberapa model aja yang di sebutkan di user manualnya, tapi di om google bertebaran cara pake modem di luar user manual semisal pake smartfreen.

Kapasitas baterai  cuma 1500mah, mungkin karena ngga pake simcard. Seharusnya sih bisa tahan lama dengan daya segitu tanpa cari sinyal, tapi kenyataannya wifi terus epad cuma kuat hidup 4 jam. Kalau kita maen game, dengerin musik dan nonton dia bisa kaya notebook survive selama 5-6 jam dan waktu standby rata-rata 3 hari saja.

Warna layar gua ngga tau karena ngga ada di user manual, tapi kalau liat film dan gambar terang sih curiga sama dengan LG optimus. Ada satu masalah di layar touchscreenya, karena gua pikir layarnya resistive bukan capasitive. Itu loh yang kudu pake stylus bukan yang pake jari, tapi akhirnya gua tau kenapa layarnya susah di touch. karena epad ini di kasih dua lapis screenguard, saran gua cabut dua-duanya. Biar bisa jadi touchscreen sejati, kalau ngga kudu pencet tuh layar dengan sepenuh hati. Tentunya resiko layar jadi lebih mudah lecet. 

Performa
Performanya sendiri gimana, dengan processor 600mhz tergolong standar biasa aja, ngga cepet juga ngga lamban amat di sarankan untuk di root supaya bisa maksimal. Gua ngga nemu kendala apapun buat instal aplikasi karena bisa di jalankan dengan baik, toh semua aplikasi yang gua butuhin buat kerja bisa jalan lancar jaya. Sayang dia ngga pake slot simcard jadinya beberapa aplikasi terpaksa banyak nganggur nunggu nemu koneksi wifi. Musik dan video bisa muter tanpa lag, bahkan yang dari youtube aja lancar film pun yang format HD bisa gua puter dengan puas.


Buat game kita kudu selektif, karena beberapa yang gua instal ada yang ngga jalan ada juga yang ngga maksimal. Jadi kalau mau instal game coba di android marketnya cari yang bertuliskan lite version, game lite version bisa jalan lancar. Gua juga coba instal beberapa yang HD sama yang 3D, entah kenapa mampus semua tuh game sukses kaga jalan.



Ya over all sih lumayan loh, bisa buat kerja mobile. Kalau punya anak yang ngerengek minta ipad bisa di beliin ini, secara spec sih cocok buat anak sma ama kuliah yang paling banter cuma di pake twitteran, facebook ama maen game. Di kisaran 700 ribu  sekalipun banyak nama tapi spec rata-rata sama, tab sejati buatan cina bermerk umumnya 1 juta, kalau ini kan banci ngga ada merknya ya apa boleh di kata. Masa gua kudu ngejablay buat galaxy tab 5,9 juta...hinksss. 


update

Setelah gua ngulik ini barang akhirnya ke tahuan juga merk apa, epad ini bernama cougar epad WM8650. Amat tidak di sarankan untuk di upgrade, karena firmware yang cocok hanya di miliki toko. Terbukti setelah gua coba upgrade ke uberoid dia ngehang, begitu di balikin ke firmware wm8650 yang bertebaran di internet layar touchscreenya malah mampus. Mau ngga mau gua balik ke mall mangga dua, minta firmware asli parahnya begitu gua minta copyannya kaga di kasih!. So kaga berani lagi buat bereksperimen.
anyway buat koneksi wifi gua udah jungkir balik teteup itu wifi kaga mau konek di manapun? akhirnya gua beli modem huawei E220 untungnya udah murah, tapi parahnya cuma ada di www.jakartanotebook.com dengan harga 185.000 aja. Begitu konek ke internet via modem dan masuk 1mobilstore, otomatis android ini mengupgrade diri. Voila gua ampe kaget ngga cuma aplikasinya aja, tapi touchscreen jadi lebih mulus, baterai jadi lebih awet. Curiga firmwarenya pun mengupgrade diri, supaya android epad cougar ini mengupgrade diri. Kudu instal android store semisal 1mobile store, android store bawaan palsu ngga bisa konek soalnya adroid froyo yang di pake versi pangkas habis habisan.

Jadi kalau udah terlanjut punya apa yang harus di lakukan?
1. Lepas dua lapis screenguard biar bisa beneran touchscreen

2. Langsung connect ke internet (pake cara apapun) dan instal android store (misal 1mobilestore), jangan pake android store bawaan palsu kaga bisa masuk.

3. Kalau sudah connect nanti secara otomatis android akan mengupdate semua aplikasi beserta firmware, amat di sarankan untuk membiarkan semua aplikasi mengupdate.




Reactions

Post a Comment

38 Comments

  1. Trm ksh review nya, klu g salah ini epad ersys 2, cocok lah untuk nak-kanak TK or SD

    ReplyDelete
  2. sebenernhya buat orang yang pertama kali kenal android cocoklah, buat noprek ngoprek sampai ngerti.

    ReplyDelete
  3. gan....ane mau tanya dunk....solusi terbaik ane gmn, epad ane error cuma muncul logo andro udh gitu aj.... trus klu instal ulang di mangga dua brp ya harganya?? tolong bantuannya ya gan ...makasih

    ReplyDelete
  4. Pasti di instal ke uberoidnya? kage bisa di upgrade bang, kalau instal ulang pake firware bawaan di tokonya sih gratis masih garansikan. Lagian instal firware kan cuma masukin sd card aja masa kudu bayar

    ReplyDelete
  5. mas...cara conect in modem huawei e220 gmn ya???cs punya q mau tka buat internetan pke modem tp slalu gagal conect,cra setingnya gmn???

    ReplyDelete
  6. Tinggal colok aja ko,kalau tanda 3G udah ada:
    1. Colokan modem usb dengan bantuan kabel usb converter & tunggu beberapa detik sampai ada tanda di status bar
    2. Masuk ke 3G setting terus klik add 3G netwok
    4. Nah tinggal isi aja kalau saya pake xl Jadinya
    name : xlunlimited
    device number: *99#
    APN : xlunlimited
    user : xlunlimited
    password : xlunlimited

    Terus coba dengan buka browser, udah gituh aja ko. Kalau masih kurang jelas buka aja link ini ada toturial pictnya http://suropeji.com/cara-setting-modem-di-epad-cina-dengan-os-android/

    ReplyDelete
  7. Konektor usb nya jual gag mas?

    ReplyDelete
  8. konektor usb modemnya mas ada jualnya gag??

    ReplyDelete
  9. konektor usb maksudnya magic box buat modem? kalau itu mah udah termasuk di paket penjualan

    ReplyDelete
  10. trims ulasannya! firmwarenya harus yang bawaan ya? pantesan ga bisa-bisa... bisa bantu ga? waktu itu saya belinya di pameran.. jadi gatau tokonya dimana.

    ReplyDelete
  11. Iya kalau di update dia ngga bisa pasti hang, dan firmware yang cocok cuma dari toko jualnya. Kalau soal toko yang jual ya belum tentu samalah, gua sih beli di kaskus yang ada alamat tokonya di mangga dua. Waktu beli di pameran bukannya biasa di kasih kartu naman?

    ReplyDelete
  12. punya saya bisa connected to jaringan wifi kantor, sinyal Excellent, tapi gak bisa dipake untuk Internetan (browsing, dll). gimana ya?

    ReplyDelete
  13. sama bung punya gua juga gituh, tapi anehnya pas di coba di toko bisa connect. Curiganya ngga bisa konek ke wifi yang di protec aka pake password, jadi klo mau pake modem adaptornya.

    ReplyDelete
  14. ane punya epad ersys wm8650 kemaren ane upgrade jadi 1 tingkat terus ngehang ane coba balikin ke awal malah layarnya jadi biru kayak proses instal gitu, tapi setelah mati malah dia gak mau idup lagi gimana ni gan pleasee bantu ane?

    ReplyDelete
  15. ngga bisa di upgrade karena firmware yang cocok cuma di miliki oleh toko, gua udah coba semua firmware ngga ada satupun yang bisa. Satu-satunya jalan adalah lo kudu balik ke toko minta instal ulang firmware dari toko, kalau bisa sih minta copyan firmwarenya. Jadi klo lo otak-atik gagal bisa di balikin lagi.

    ReplyDelete
  16. Ane punya jg neh gan, epad ersys tulisan di back cassingnya... Punya ane cuma keluar logo Androidnya ja ma tulisan di atasnya "Factory data restoring, please waiting..." Dari azan subuh mpe beduk maghrib cm itu doank yang keluar... Solusi gmn tu gan... Di flash ulang jg kaga bisa2..
    Tlg email ke viacomcc@gmail.com ya gan jawabannya...Thanks.

    ReplyDelete
  17. gan, kalo ga pake charger ga bisa nyala, solusinya gimana gan ?

    ReplyDelete
  18. @ tyo kalau masih garansi sih mending balikin itu ic powernya ada yang rusak

    ReplyDelete
  19. ANe belinya kemahalan dunk gann :((
    Sekarang lagi rusakkk pula.. lagi coba nge Flash lagi,,
    itu beneran ga bisa di upgrade,, ampun dahhhh,,, buat ganjelan pintu masih kegedean juga,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga bisa di upragde yang tahu pake firmware apa cuma tokonya aja

      Delete
  20. lah, epad caugar q bisa wifi kok..

    ReplyDelete
  21. baru beli 2 hari gan ntu epad ersys E1 udah masuk rumah sakit, kasusnya gara2 di cas 3 jam langsung k.o tuh epad, baru dipake ngeksis bentaran udah tepar payah dah..
    mati total ampe sekarang, alhasil cepetan dibawa ke rumah sakit biar cepet minta ganti yang baru...

    ReplyDelete
  22. epad ersys ane kl dinyalain mpe logo android trus mati, (ky kehbisn batere gitu)walaupun sambil di colokin cesnya,apa penyebabnya ya........mohon bantuannya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di upgrade ngga? kalau di upgrade harus di balikin ke firmware pabrik. Kalau ngga di upragre satu satunya jalan adalah balik ke toko yang jual soalnya garansi toko

      Delete
  23. ngeliat ni epad g berpikir panjang tanpa liat ni review beli beli aja, oh ya gan nanya yupz , ini kan ane jg sama epadny jenis epad ersys , cuma sistemny kok beda ya, punya ane awal boot WMT2.1.2_105 , trus flash pakai cara sd card g berhasil" , malah boot ke sistemny langsung + touchscreen g jalan n suara kgak ada... brp kira" biaya install firmware bawaan tokonya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yei kan udah saya bilang ngga bisa di uprade atau di obrak abrik tetep kudu pake firmware bawaan, waktu saya dulu sih gratis karena masih garansi, tapi si pemilik toko ogah buat kasih saya copyan firmwarenya entah kenapa?

      Delete
  24. ia , yg heran tipe hp kita sama, cuman kok kk firmwareny 2.2 froyo , sedangkan saya 2.1 eclair, trus g bisa touchscreenya lg (curiga sebelum yg punya ni pernah downgradin os ke 2.1)... kira" brp harga flash rom di tokonya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih gratis loh kalau mau di balikin ke rom aslinya dateng aja toh cuma instal ajakan

      Delete
  25. cari firmware bawaan kok gak ada yak..?
    ni epad ane udah abis garansi & beli di luarkota..
    pake firmware downloadan suara gak kluar & built in simcardnya gak kedetect...

    ada yg punya firmware epad 7" wm8650 gak ya..?
    biar built in simcardnya & suara bisa on lagi..

    ReplyDelete
  26. cari firmware bawaan kok gak ada yak..?
    ni epad ane udah abis garansi & beli di luarkota..
    pake firmware downloadan suara gak kluar & built in simcardnya gak kedetect...

    ada yg punya firmware epad 7" wm8650 gak ya..?
    biar built in simcardnya & suara bisa on lagi..

    ReplyDelete
  27. ane butuh firmware aslinya nih gan...
    cari download sana sini gak dapet soalnya built in sim card ane gak bisa dipake setelah upgrade yg ada di web2....
    epad ane udah abis garansi + beli di luarkota...

    kalo ada yg punya firmware bawaan boleh ane copy..??
    ongkos copy + ongkir(bila diperlukan) ntar ane gantiin dah agan2..
    kalo ada n setuju PM ane ke adhiet.prakoso@gmail.com buat fast respon...

    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah di tulis ngga bisa di upgrade dan firmware asli cuma ada di tokoknya, gua aja minta ngga di kasih

      Delete
  28. Thanκ уou for onе's marvelous information! I actually enjoyed reading this, you might be a excellent journalist. I will be sure to bookmark the blog and will often come back later on. I want to encourage you carry on your outstanding posts, have a nice morning!

    Also visit my web site Feuchte Muschi Clips

    ReplyDelete
  29. I absоlutеlу appreciatе youг sitе and finԁ almost all of уour аrtіclе's to be exactly what I'm looking for.
    Doеs one offer guest writerѕ tο ωrite content availablе for you?
    I ωouldn't mind publishing a blog post or elaborating on a few of the topics you write related to here. Once again, exceptional web log!

    Review my web blog :: Üppige Brustwarzen

    ReplyDelete
  30. With havin ѕo much ωгіtten content do you
    evеr run intο any pгoblemѕ of plagоrism or coρyrіght vіοlation?
    My blog haѕ a lot of unіque content I've either written myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the internet without my agreement. Do you know any techniques to help stop content from being ripped off? I'd сertaіnly аppreсіate it.


    Heгe is my page; Wives Correctional Institute

    ReplyDelete
  31. Please let mе know if you're looking for a article writer for your blog. You have some really good articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd lοve
    to writе some articlеs for youг
    blog in exchange foг a lіnk back tо mіne.

    Please blast me an еmаil if interested.
    Mаny thankѕ!

    my hоmepage - Fuck Servants

    ReplyDelete
  32. First off I want to ѕay aωeѕome blog!
    Ӏ haԁ a quiсk question ωhich I'd like to ask if you do not mind. I was interested to know how you center yourself and clear your head prior to writing. I have had a tough time clearing my mind in getting my thoughts out. I do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are generally lost simply just trying to figure out how to begin. Any recommendations or tips? Thanks!

    My site - Fitness Womens

    ReplyDelete
  33. I am staгting a new іnternеt ωebsіte directory and
    waѕ wondering if I can ѕubmit your website?
    I'm trying to increase my directory slowly by hand so that it retains high quality. I'll make ѕuгe and рut your
    webѕite in the proрer categοrу and I'll also use, "Blogger: everybodygoesblog" as your anchor text. Please make sure to let me know if this is acceptable with you by e-mailing me at: violet_pardo@yahoo.com. Cheers

    Here is my web blog ... fisted pussies

    ReplyDelete