Pria-Pria Yang Tidak Pernah Bisa Mandiri

Belakangan gue lihat beberapa fenomena sosial, yakni pria-pria yang tidak bisa mandiri. Maksud dari pria-pria yang tidak bisa mandiri ini apa? Jadi sebetulnya dalam beberapa bulan belakangan gue menemukan beberapa relasi dan teman, yang tidak biasa hidup sendiri, tiba-tiba saja harus hidup sendiri. Pria-pria ini kehilangan istri karena cerai maupun ditinggal ke alam yang berbeda. Sehingga keadaan terutama rumah mereka amburadul, nggak karuan seperti kapal pecah.

Saat bertandang ke rumah pria-pria yang tidak bisa mandiri ini, gue menemukan keadaan rumah yang nggak rapi dan sama sekali nggak tersedia makanan, bahkan masak pake rice cooker aja mereka ogah. Lebih prefer beli di luar dari pada langsung masak, kalaupun harus masak paling banter juga masak mie. Selain urusan dapur, keadaan rumah juga kotor, banyak debu di mana-mana, karena pria-pria ini sama sekali nggak pernah membersihkan rumah. Cucian numpuk padahal ada mesin cuci atau bahkan kalau mau pria-pria ini sewa pembantu, namun entah kenapa nggak mau? Kok bisa mereka hidup seperti ini?

Usut punya usut, semua teman dan relasi ini dulunya tipikal pria Indonesia banget getoh loh. itu loh yang nggak pernah, ngapa-ngapain cuma kuliah terus kawin, abis itu dapet rumah entah dari Mamih atau Papih. Jadi mereka nggak pernah ngerasain hidup mandiri sendiri, langsung aja berdua sama istri. Jadi begitu harus hidup sendiri entah, itu cerai atau ditinggal ke alam lain, yang ada pria-pria ini kebingungan. Mereka nggak biasa ngurus diri sendiri, apalagi ngurus tempat tinggal. 

Sering gue tanya, "lo betah tinggal ditempat kaya begini?" yang ada mereka cuma senyam-senyum aje. Duh, tempat gue yang isinya kelinci dua ekor aje masih bisa bersih, masih bisa ada makanan, masih bisa masak, masih bisa nyuci etc. Pasti dulunya yang ngurus rumah istrinya, pria-pria ini cuma tahu semua serba ada saja. Bahkan gue jamin ini tipikal yang nyuruh bini buatin hal simple seperti kopi maupun teh, hadeuh jaman sekarang masih ada pria-pria seperti ini? Yang bikin gue bingung, kalau nggak bisa ngurus diri sendiri dan tempat tinggal, dulu ngurus bini sama anak macam apa? Jangan-jangan nggak tahu apapun, yang ngurus semua bininya? Terus kalau begitu kepala keluarga macam apa? Cuma setor duit bulanan aja getuh, mending pelihara kucing aja.

Tapi yang paling bikin mikir sih, kasihan buat yang jadi istri mereka. Malang betul dapet pria-pria yang nggak bisa mandiri kaya begitu, mending sama gue dulu, rumah keurus dan nggak ada nyuruh cuma buat bikinin kopi atau teh.   

No comments:

Post a Comment