Jadi PNS Demi Santai Dan Banyak Sampingan?

Selamat Jadi PNS Dan Bisa Sampingan

Kemarin  gua nggak sengaja baca timeline di facebook yang isinya postingan tentang seorang temen yang berhasil menjebol PNS (pengertian PNS adalah pagawai negeri sipil). Awalnya sih nggak begitu kasih perhatian sama postingan itu, tapi begitu baca komen, gua langsung bingung. Sebab banyak banget yang bilang "congratz....badan perumahan itu banyak sampingan loh!" Terus terang gua nggak ngerti dengan maksud dari kata 'sampingan' sampai gua baca lagi komen-komen di bawahnya. Astaga! ternyata 'sampingan' itu semacam sidejob atau part time job tapi ilegal!

Yang gua bingung adalah semudah itukah, bilang bisa sampingan di badan perumahan? Padahal itukan sosial media dan semua orang baca. Kaga takut apa kalau nanti diselidiki dan diawasi sama KPK or else? 

Selang beberapa minggu setelah gua baca postingan tersebut tanpa sengaja terlibat dalam sebuah percakapan dengan kawan-kawan lama. Beberapa diantara mereka memang ada yang ingin jadi PNS, dengan alasan bisa punya waktu luang banyak untuk keluarga tapi juga mereka menyebutkan beberapa institusi dimana lagi-lagi bisa sampingan banyak!



Jadi PNS Karena Apa?

Disini yang gua nggak ngerti? Mau jadi PNS karena kerja santai dan sampingan banyak? Aje gile! Buset dah, bingung abitch! Kenapa orang-orang bisa punya pikiran kaya begitu? Kalau mau santai tapi banyak duit kenapa nggak jadi enterpreneur saja? Dari pada jadi PNS terus sampingan aka ngorup kecil-kecilan tapi sering dan banyak.

Orang Indonesia pingin kerja santai tapi banyak duit, bisa kok! Seperti yang gua bilang jadilah enterpreneur, waktu kerja santai dan dagang itu penghasilannya nggak terbatas bukan. Terus kenapa harus jadi PNS? Padahal masuk PNS itu pake tes sementara enterpreneur cuma modal tekad dan kerja keras.

Walaupun begitu banyak juga yang masuk PNS karena memang butuh kerjaan pasti 9 to 5 sebab sulit untuk mengurus anak. Biasanya yang begini adalah kaum perempuan sementara satu lagi alasan benar mengapa masuk PNS karena bidang sesuai jurusan atau yang dimau hanya ada di pemerintahan, semisal jurusan kesejahteraan sosial, ya mau nggak mau masuk dinas sosial, kehutanan udah paling bener masuk departemen kehutanan etc.

PNS DiLarang Bisnis/Sampingan 
Setelah gua riset ternyata PNS itu sama sekali dilarang berbisnis terus yang orang-orang bilang sampingan dengan entengnya itu apa dong? Berikut peraturan yang melarang PNS untuk berbisnis.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 1974 tentang Pembatasan Kegiatan Pegawai Negeri dalam Usaha Swasta – para PNS tidak boleh melakukan usaha di luar pekerjaannya sebagai PNS. Ketentuan ini dipertegas kembali oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.
Dalam ketentuan PP 6 Tahun 1974 tersebut dinyatakan bahwa: untuk PNS golongan IV/a ke atas, anggota ABRI berpangkat Letnan II ke atas, Pejabat, serta isteri pejabat Eselon I dan yang setingkat baik di Pusat maupun di Daerah, Perwira Tinggi ABRI, pejabat-pejabat lain yang ditetapkan oleh Menteri/Kepala Lembaga yang bersangkutan, dilarang memiliki seluruh atau sebagian Perusahaan Swasta, memimpin, duduk sebagai anggota pengurus atau pengawas suatu Perusahaan Swasta, melakukan kegiatan usaha dagang, baik secara resmi maupun sambilan.
Dalam ketentuan yang sama juga dinyatakan bahwa PNS golongan ruang III/d ke bawah, anggota ABRI berpangkat Pembantu Letnan 1 ke bawah serta isteri dari Pegawai Negeri Sipil, anggota ABRI dan pejabat yang tidak termasuk ketentuan sebelumnya, wajib mendapat izin tertulis dari Pejabat Yang Berwenang apabila memiliki Perusahaan Swasta atau melakukan kegiatan usaha dagang.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa jika ada PNS, anggota ABRI atau Pejabat yang melanggar ketentuan-ketentuan Peraturan Pemerintah ini dapat diambil tindakan dan hukuman berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
untuk lebih lengkapnya klik di sini
Nah, kalau sudah jelas PNS dilarang cari duit di luar kenapa masih tetep mau jadi PNS dan incer sampingan? Konon katanya sampingan PNS ini jauh lebih mudah dari pada kudu kerja keras ala enterpreneur, ibarat kata tugas kita cuma mempermulus jalannya sesuatu misalkan proyek atau perijinan terus dapet fulus dah.
Dilema PNS
Tapi banyak juga yang kasih tahu ke gua kalau sampingan itu akibat pelarangan berbisnis bagi PNS. Pasalnya peraturan pelarangan berbisnis sendiri dinilai tidak relevan. Anggap emang lo mau jadi PNS karena suka dengan jobdesknya dan kenyataan gaji PNS itu kecil dan perut anak sama bini nggak bisa ditambal pake batu maupun asep motor. Lalu mau bikin perusahaan dengan modal dari orang tua sudah pasti terganjal peraturan, jalan terakhir paling mudah cari sampingan yang masih dalam ruang lingkup PNS.
Jadi gimana?...........kalau menurut gua sih tuhan sebenarnya selalu mencukup semua kebutuhan umatnya, sayangnya nggak pada kaga ngeh dan selalu cari lebih. Klise memang tapi mau ngomong ape gua...............................?

No comments:

Post a Comment