Cara Memelihara Kelinci Dua Bulan yang Baru Dibeli

Tiga kali membeli kelinci hias di jalan barito, tiga kali pula semua kelinci yang gua beli hanya bertahan selama dua hari saja. Umumnya gejalanya pemyakit kelinci sama, kotoran mereka semua cenderung lembek bahkan mencret, entah apa penyebabnya, bertapa pada mbah google pun tidak menolong karena bikin pusing tidak tahu mana yang benar. Jadi memang betul apa kata orang guru paling pintar itu adalah pengalaman karena setelah tiga kali gagal melihara kelinci yang hanya mampu bertahan dua hari setelah sampai rumah, kali ini sukses pelihara kelinci dengan kelinci anggora mix yang sudah bernafas selama sebulan di dalam kamar flat. Berikut gue akan kasih tips pelihara kelinci jenis apapun yang baru berumur dua bulan.

updated: gue udah nggak pernah beli lagi kelinci dari pinggir jalan atau barito! Selalu membeli kelinci di rabbitry terkemuka, jangan di pasar hewan atau pinggir jalan!

Masalah paling universal adalah kelinci yang gua beli umumnya baru dua bulan tapi pilihan apa yang gua punya? Karena kalau harus datang ke peternak kelinci lokasinya itu nggak ada yang di tengah kota, sementara pasar hewan macam tempat gua beli yakni barito, rata-rata menjual kelinci berumur dua bulan, walaupun itu pedagang berkoar-koar kalau kelincinya udah tiga bulan lebihProblemnya adalah bagaimana pelihara kelinci yang seharusnya masih bersama induknya untuk bisa bertahan hidup.


Jadi kalau sudah terlanjur beli kelinci umur dua bulan apa yang harus dilakukan? Kalau gue memang sengaja pilih satu ekor kelinci yang aktif karena itu pertanda dia sehat dan tanya pada pedagang biasanya dikasih makan apa? Sebab tiga kelinci gua yang cuma hidup selama dua hari dikasih pakan yang berbeda begitu di rumah. Serta kandang stainless steel yang ringkas dan mudah dibersihkan karena mau taruh indor bukan cuma karena gua tinggal di flat tapi juga ini lebih aman dari predator kucing kampung, angin malam dan cuaca Jakarta yang tidak menentu. 


Selain kandang gua juga sudah mempersiapkan segala keperluan hajat hidup si kelinci, terutama soal pakan. Dari kematian tiga kelinci sebelumnya, gua tahu kalau kelinci nggak bisa dikasih cuma satu jenis makanan saja. Karena terbiasa diberi kulit jagung mau nggak mau gua harus bangun subuh dan jalan ke pasar, cuma buat ngambil sisa kulit jagung. Sementara pelet nggak dijadikan makanan utama karena takut mencret lagi, selain itu gua juga beli merk premium bukan yang murah meriah, patut dicatat tiga kelinci yang mati nggak dikasih minum sama gua. Jadi gua harap nggak orang bodoh yang bilang kelinci nggak butuh minum, apa lagi kalau cuma dikasih makan pelet yang nggak ada kadar airnya bikin seret usus kelinci tuh. Dan jangan pernah mandiin kelinci, karena bisa hipotermia dan mati.


Selain pakan yang biasa dikasih sama tukang dagang serta pelet, satu lagi yang amat penting biar kelinci usia dua bulan nggak gampang mati adalah hay. Hay atau rumput kering ini adalah sumber serat biar kelinci selalu sehat tapi nggak semua rumput yang dikeringkan bisa dijadikan hay makanan kelinci, ini namanya rumput timothy yang dibeli dari kaskus entah dikasih apa karena baunya harum banget. Lima bungkus rumput timothy seharga pelet merk premium dan untuk satu bulan.

Yang terakhir jadi andalan gua kalau kelinci kenapa-kenapa adalah dua botol kecil seharga Rp 20,000 dari jagat kaskus. Percuma cari di petshop kaga bakal nemu, isinya buat kucing, anjing sama hamster kaga ada produk buat kelinci. Biasanya sebelum kasih Rebung perhatikan dulu kelinci dan kotorannya, kalau kotorannya nggak seperti biasa bulat, kering dan warnanya beda. Langsung dah suapin Rebung dari pada ambil resiko keburu mencret dan kalau kotorannya sudah seperti semula baru gua kasih lagi vitamin Ovita.

Sebenarnya gua udah nggak mau pelihara kelinci karena gampang mati dan ini terakhir kalinya, kalau masih juga mati padahal udah preparation maksimal sampai beli semua kebutuhan dengan harga selangit. Setidaknya gua bukan orang bego yang mikir kelinci murah meriah dan gampang diurus, terus beli dimasukin kandang seadanya, cuma dikasih sayur dan besoknya mati.  Selang beberapa hari beli  lagi........that just so wrong dude.

23 comments:

  1. Semangat... semoga bunny'nya berhasil bertahan hidup...
    :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udeh setahun lebih juga ini tulisan dibikin..ckckckck

      Delete
  2. masi idup bunny nya?

    ReplyDelete
  3. Bro, kencing kelincinya pernah warna coklat awan gt ga kayak ada pasirnya? Kelinci dutch saya (2bulan) sejak dkasih gatau daun apa sm ponakan kok kencingnya mulai ga bening lg, any idea? Tks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dua bulan mah belum bisa makan apapun kecuali pelet kelinci sama hay (rumput) kalau sampai dua hari belum juga sembuh siap-siapa aja say goodbye, anakan kelinci susah selamat kalau perutnya udah macam-macam.

      Coba aja dulu kasih hay (rumput kering) yang banyak atau pelet yang banyak kandungan seratnya misal merk jolly atau morning sun.

      Delete
  4. Bro, bisa minta link yang jualan Rebung dan Ovita?
    gw search di kaskus belum nemu juga sampe sekarang.
    Thanks ya,

    Sorry, comment gw yang sebelumnya dihapus aja, karena lupa di tick bagian "notify me" nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sih kalau beli di barito ada satu kios yang jual itu, tapi kalau mau merk lain ada coba masuk ke group peternak kelinci nah di situ banyak yang jualan, pengganti rebung sama ovita.

      Delete
  5. Kk,dimana beli hay nya?? Kasi tau dong !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay banyak ada di petshop merk marukan tapi mahal, biasanya sih beli lewat reseller, ubek-ubek aja kaskus kalau nggak gabung ke group peternak kelinci nah di situ ada banyak yang jual hay dan keperluan kelinci.

      Delete
  6. malam smua..td siang gw baru beli kelinci persia umur 2 bln smga bertahan hidup yaa dan gw baru pertama kali pelihara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada yang namanya kelinci persia...doh.

      Delete
  7. Ada yg punya rekomendasi peternak klinci d daerah sekitar jkt (jkt, depok, bogor)? Anak sy sedih 2 klinci yg bru dbli d barito mati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh banyak, coba masuk ke group peternak kelinci di facebook di situ banyak banget rabbitry, tinggal pilih yang deket rumah aja, Mau beli berapa kali pun di barito udeh pasti mokat, itu nakan kelinci dianterin dari tempat jauh, desak-desakan dalam box, plus dipajang udah lama, begitu sampai rumah paling 24 jam doang terus mokat.

      Delete
  8. kak kalau beli kelinci sebaiknya beli satu atau dua ya kak? kalau sendiri si kelincinya stres gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu saja kalau beranak nanti mau dikemanakan? Kelinci sekali beranak 6-12 ekor dan dalam setahun bisa enam kali lebih melahirkan. Hemmmmm, sejak kapan kelinci sendirian stress?

      Delete
  9. Mau tanya dong, saya baru beli 2 kelinci jenis lop di jati negara, udh 4 hari Allhamdulilah fine, tapi masih bingung pola makan untuk kelincinya, kata abangnya sih umurnya 3 bulan dna 4 bulan, nah bingung dikasih kulit jagung boleh ga sih, trs wortel dan sawi putih gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca ini :

      http://www.everybodygoesblog.com/2015/02/makanan-kelinci-paling-benar-adalah-hay.html

      http://www.everybodygoesblog.com/2014/07/pelet-kelinci-terbaik-review-dan-price.html

      Pokoknya baca aja semua label kelinci, panduan pelihara kelinci semua sudah saya tulis di situ, kalau untuk penyakit klik di label penyakit kelinci.

      Btw sayuran nggak boleh! Kan di atas juga udah di tulis rumput atau hay, baca-baca aja dulu dari pada keburu mati nanti.

      Delete
    2. Ya klau di ksih mkan pelet ya harus mnum klau ksih syur ga usah mnum krna syur kan udah mengandung air, trus syur hrus di cuci dlu lalu siap cuci jngan lgsng masukkan ksih kelinci mkan krna dpat membuat kelinci masuk angin .. sebaiknya di keringkan dlu bru di kasih agar kelinci tidak mencret ..

      Delete
    3. Mnurut sya sayur di ksih gpp asal sayur nya di cuci abis cuci jngan lgsng tarok basah" gtu nnti kelinci nya mkan jdi masuk angin .. krna kelinci sya blum pernah mati klau di kasih sayuran

      Delete
  10. Makasi mas masukannya.. Semoga kelinci saya awt muda..

    ReplyDelete
  11. Saya baru beli kelinci di taman kelinci ciwidey bandung kalo saya kasih makan wortel sama minum air kira kira bisa tahan hidup lama gak ya?

    Please saya takut mati
    Hiks...hiks...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...jangan wortel gan nanti mencret, kasih hay atau pelet sama taruh di tempat yang sepi dan tenang dulu. Kalau bisa lewat sebulan, pasti aman, nggak ada jaminan kelinci dari pinggir jalan bisa bertahan lama.

      Delete